Kenali Manfaat Pemanis Buatan bagi Tubuh

Oleh Klikdokter pada 10 Des 2015, 11:28 WIB
Jika Anda ingin mencoba mengurangi gula dan kalori dalam diet, pemanis buatan bisa menjadi alternatif pertama Anda.
Kenali Manfaat Pemanis Buatan bagi Tubuh

KlikDokter.com – Kini, pemanis buatan dan pengganti gula lainnya banyak ditemukan dalam berbagai makanan dan minuman. Biasanya mereka dipasarkan sebagai “sugar free” atau “diet”, termasuk pada minuman ringan, permen karet, jeli, jus buah, es krim, yoghurt, dan lain-lain. Pemanis buatan juga populer digunakan di rumah, yakni untuk membuat kue dan memasak.

Salah satu manfaat dari pemanis buatan adalah bahwa mereka tidak menyebabkan kerusakan gigi dan rongga mulut. Selain itu, pemanis buatan juga bermanfaat untuk mengatasi dua masalah ini:

1. Kegemukan

Kegemukan merupakan salah satu faktor penyakit jantung yang merupakan penyebab utama kematian. Untuk orang yang kurang aktif secara fisik disarankan untuk mengurangi masukan kalori per harinya. Pemanis sintetis merupakan salah satu bahan pangan untuk mengurangi masukan kalori.

2. Diabetes

Pemanis buatan dapat menjadi alternatif yang baik jika Anda memiliki diabetes. Tidak seperti gula, pemanis buatan umumnya tidak meningkatkan kadar gula darah karena mereka tidak memiliki karbohidrat. Namun Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda menderita diabetes dan  ingin menggunakan pengganti gula.

Prinsip makan sehat bagi penderita diabetes adalah mengikuti pola 3J. “J” yang pertama adalah dengan menghitung jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi oleh tubuh; hal ini berkaitan dengan tinggi badan serta aktivitas fisik yang biasa dilakukan.

“J” yang kedua adalah memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Komposisi gizi yang seimbang akan menunjang pola makan yang sehat. Jenis makan sehat yang ideal adalah makanan yang mengandung 45-65% karbohidrat, 10-20% protein, lemak 20-25%, serta vitamin dan mineral.

Yang terakhir adalah mengatur jadwal makan dalam sehari. Jadwal makan yang ideal adalah tiga kali makan besar diselingi dengan tiga kali makan kecil termasuk sarapan pagi.

Konsumsi gula juga perlu diperhatikan oleh para penderita diabetes. Namun Anda tidak perlu khawatir, telah tersedia Diabetasol Zero Calorie Sweetener yang dapat membantu mengurangi kolesterol Anda.

Diabetasol Zero Calorie Sweetener adalah pemanis pengganti gula dengan kandungan sukralosa yang tanpa kalori, sehingga aman untuk mendukung pola hidup sehat, terutama untuk penderita diabetes.

Keunggulan Diabetasol Zero Calorie Sweetener adalah:

  1. Mengandung sukralosa yang aman dikonsumsi.
  2. Tanpa kalori, sehingga mempermudah pengaturan kalori sajian.
  3. Rasa tidak berubah pada suhu panas/ tinggi.

Diabetasol merupakan makanan pengganti yang sudah terbukti bermanfaat bagi para penderita diabetes dalam mengatur kebutuhan makanan selama sehari. Produk ini khusus dirancang dengan gizi lengkap dan seimbang, membuat Anda dengan mudah mendapatkan kebutuhan gizi dalam satu kemasan.

Kini Diabetasol hadir dengan berbagai varian rasa dan jenis produk yang lebih lengkap, sehingga mempermudah pengaturan pola makan harian dan memberi rasa aman bagi penderita diabetes.