7 Cara Mencegah Pengikisan Email Gigi

Oleh Klikdokter pada 26 Des 2015, 20:14 WIB
Untuk mencegah pengikisan email gigi dan merawat gigi tetap sehat, biasakanlah untuk menyikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari
7 Cara Mencegah Pengikisan Email Gigi

Tahukah Anda jika email gigi Anda dapat mengalami penipisan, dan salah satu akibatnya adalah gigi Anda menjadi sensitif?

Makan makanan dan minum minuman favorit rasanya jadi kurang nikmat karena gigi terasa ngilu.

Untuk mencegah pengikisan email gigi dan merawat gigi tetap sehat, biasakanlah untuk menyikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur.

Anda juga disarankan untuk mengikuti tips simpel di bawah ini:

  1. Sebaiknya hindari makanan berkadar gula tinggi dan minuman yang mengandung asam seperti soda dan minuman energi.

  2. Berkumurlah dengan air putih setelah makan & minum, membantu membersihkan sisa makanan dan kandungan asam pada gigi atau rongga mulut. Akan lebih baik lagi jika Anda menyikat gigi setelahnya.

  3. Gunakan sedotan saat minum minuman yang mengandung asam dan gula untuk meminimalisasi kontak langsung dengan permukaan gigi.

  4. Disarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula. Mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi air liur 10 kali lipat. Air liur juga bermanfaat membantu menguatkan gigi karena dapat menetralisir asam di mulut dan mengandung mineral yang berguna bagi kesehatan gigi.

  5. Hindari menyikat gigi dengan tekanan yang keras dan gunakan sikat gigi dangan bulu sikat yang lembut.

  6. Rutin berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksakan keadaan gigi yaitu minimal 6 bulan sekali, dan jika ada keluhan dengan gigi maka sebaiknya jangan menunda kunjungan tersebut.

  7. Gunakan pasta gigi yang mengandung HAP mineral & Fluoride yang dapat melindungi email gigi 50% lebih baik. Serta mengandung Microgranules atau butiran halus yang dapat membersihkan hingga ke sela gigi dan Zinc Citrate untuk perlindungan gigi terhadap plak hingga 24 jam.

Nah, kini Anda sudah tahu kan cara mencegah pengikisan email gigi. Gampang kan? Tinggal ikuti langkah-langkah mudah di atas dan gigi Anda akan sehat, terawat dan bebas dari gigi sensitif.