Penanganan Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 30 Des 2015, 15:11 WIB
Kenali lebih dalam mengenai diabetes melitus gestasional di sini.
Penanganan Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

KlikDokter.com – Diabetes melitus gestasional (DMG) adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan peningkatan gula darah tinggi yang menetap sewaktu kehamilan pada wanita yang sebelumnya tidak menderita diabetes sebelum hamil.

Pada orang normal, kadar gula darah diatur oleh hormon insulin, yang membuat glukosa di dalam aliran darah dapat masuk ke dalam sel. Namun sewaktu hamil, tubuh wanita memproduksi lebih banyak hormon, seperti estrogen, yang menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap kerja insulin.

Pengobatan untuk diabetes gestasional selama kehamilan meliputi:

1. Mengonsumsi makanan yang seimbang

Setelah Anda mengetahui bahwa Anda memiliki diabetes gestasional, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membuat rencana makan yang sehat. Anda pun akan belajar bagaimana untuk membatasi jumlah karbohidrat yang Anda makan sebagai cara untuk mengontrol gula darah.

2. Berolahraga secara teratur

Cobalah untuk aktif berolahraga 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. Berolahraga dengan teratur selama kehamilan dapat membantu insulin dalam tubuh Anda bekerja lebih baik dan mengontrol kadar gula darah. Jika Anda belum pernah berolahraga sebelumnya, bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai.

3. Memeriksa kadar gula darah

Periksakan kadar gula darah Anda secara teratur. Dengan melakukan pemantauan kadar gula darah, dapat membantu mencegah gula darah rendah dan gula darah tinggi. Bicarakan dengan dokter Anda mengenai seberapa sering Anda harus memeriksa gula darah Anda.

4. Melakukan pemeriksaan medis secara teratur

Luangkan waktu untuk berkunjung ke dokter secara rutin. Pada kunjungan, dokter nantinya akan memeriksa tekanan darah dan menguji sampel urine Anda. Dokter juga akan menanyakan mengenai kadar gula darah Anda, apa yang Anda telah makan, seberapa sering Anda berolahraga, dan berapa banyak kenaikan berat badan Anda.

5. Minum obat diabetes dan suntikan insulin

Dokter mungkin akan memberikan suntikan insulin untuk membantu mengontrol gula darah Anda. Ada juga pil yang disebut glyburide dan metformin yang digunakan untuk diabetes tipe 2, yang digunakan beberapa dokter untuk mengobati wanita yang menderita diabetes gestasional. Kombinasi kedua obat tersebut menimbulkan efek samping, misalnya sakit kepala, gangguan pencernaan, dan risiko hipoglikemia.