Anak Takut Gelap? Ini Solusinya

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 14 Jan 2016, 14:28 WIB
Anak takut gelap sebenarnya merupakan suatu hal yang alami, tetapi jika sudah berlebihan tentu akan berdampak buruk untuk perkembangannya.
Anak Takut Gelap? Ini Solusinya

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com - Setiap orang memiliki rasa takut pada sesuatu, tak terkecuali anak-anak. Selain bisa bergidik dengan cicak, petir, kembang api, beberapa anak juga dapat langsung menjerit bila berada di kegelapan sendirian. Mereka akan minta ditemani atau dinyalakan lampu. Sebagai orangtua, tentu Anda wajib membantu anak untuk mengatasi rasa takut tersebut. Boleh saja takut, namun jika telah berlebihan hal tersebut tentu akan mempengaruhi perkembangan psikologisnya.

Oleh karena itu, sebelum rasa takut mengakar pada anak Anda, Anda perlu menanggulanginya dengan cara yang tepat.

  1. Kenali penyebab

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengetahui faktor yang menyebabkan anak takut gelap. Cobalah untuk berbicara dengan anak dan tanyakan mengenai hal yang membuat mereka ketakutan ketika gelap. Jangan pernah menertawakan ketakutan anak karena akan membuat mereka merasa diolok-olok.

Apabila anak Anda mengatakan hal-hal yang tidak masuk akal seperti takut hantu, sebaiknya Anda jangan membenarkan hal tersebut. Berikan pengertian kepada mereka mengenai hal tersebut dengan penjelasan yang masuk akal.

  1. Berikan keyakinan pada anak

Kebanyakan anak tidak bisa tidur nyenyak ketika lampu kamar dimatikan. Anak-anak cenderung ketakutan dan merasa tidak nyaman. Kecemasan tersebut tentunya akan mempengaruhi kualitas tidur serta perkembangan anak. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda meyakinkan anak bahwa kegelapan akan membuat mereka baik-baik saja.

Selain itu, berikan penjelasan pada anak bahwa ketika gelap tidak akan ada yang mengganggu mereka. Dengan begitu, diharapkan anak akan tenang dan bisa tidur dengan nyaman. Ajarkan pada anak bahwa tidur sendiri adalah hal yang menyenangkan dan mereka akan baik-baik saja.

  1. Jangan memaksa melakukan hal yang ia takuti

Janganlah memaksa anak untuk mengonfrontasi ketakutannya, misalnya menekannya untuk menjadi pemberani dengan mendesaknya untuk tidur di tempat gelap. Hal tersebut hanya akan menambah rasa fobia pada anak. Berikan ia waktu untuk terbiasa mengatasi rasa takut gelap sebelum ia harus melakukannya. Sebab rasa takutnya secara perlahan akan dapat diatasi tanpa harus dipaksa.

  1. Latih anak dalam kegelapan

Untuk mengatasi takut gelap pada anak, Anda bisa melatihnya dengan melakukan berbagai aktivitas dalam kegelapan. Misalnya, mengajak anak untuk makan malam tanpa diterangi lampu dan hanya menggunakan lilin. Anda juga bisa mengajak anak mendengarkan musik dengan lampu kamar dimatikan. Dengan begitu, anak akan terbiasa dan merasa nyaman ketika berada dalam kondisi gelap meskipun sendirian.

Cara tersebut harus dilakukan dengan penuh kesabaran, karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat anak terbiasa.