Anak Tidak Mau Ditinggal di Sekolah

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 18 Jan 2016, 11:12 WIB
Anak tidak mau ditinggal di sekolah? Baca saja solusi lengkapnya di sini.
Anak Tidak Mau Ditinggal di Sekolah

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com - Ketika memasuki dunia sekolah, tentu ada dua masalah utama yang dihadapi anak: rasa takut kepada dunia baru dan rasa gelisah berpisah dari orangtuanya.  Hal tersebut bisa terjadi karena orangtua mungkin jarang memberikan kesempatan padanya untuk melakukan berbagai kegiatan secara mandiri, atau karena anak sering dikritik dan dimarahi. Anak yang sering dibohongi juga terkadang bisa menjadi anak yang tak berani. 

Pada awalnya, orangtua tetap perlu ada di sekolah. Setiap kali anak mencari, dia bisa melihat orangtua tetap di sana. Kalau dia sudah percaya, maka orangtua bisa melepaskannya sedikit demi sedikit. Yang pasti, jangan membohongi anak, misalnya dengan pergi secara diam-diam. Kalau seperti ini, tentu saja anak sulit percaya pada orangtua dan akhirnya justru berusaha untuk melarang orangtuanya pergi. Jadi, apabila Anda mau pergi, mungkin Anda bisa melambaikan tangan terlebih dahulu sambil tersenyum.

Untuk mengatasi rasa takut pada anak, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda terapkan:

  1. Empati. Dengarkan kekhawatiran anak dan jangan memarahinya, agar ia bisa mengungkapkan perasaannya lebih mudah kepada Anda. Selain itu, penting sekali bagi anak untuk merasa disayangi serta dimengerti.

  2. Berikan pemahaman tentang sekolah serta apa manfaat yang bisa dia dapatkan dari sekolah. Anak harus menganggap sekolah sebagai tempat yang menyenangkan, agar ia pun betah berada di dalamnya.

  3. Berikan pujian (tanamkan energi positif) pada anak. Di kasus ini, Anda dapat memberitahunya bahwa Anda bangga telah memiliki anak yang pintar sekaligus pemberani – apalagi jika ia sudah bisa ditinggal sendiri sedikit demi sedikit.

Percayakan anak Anda kepada guru dan pihak sekolah, sebagai pengganti sosok orangtua di rumah. Ingatlah bahwa kepercayaan yang besar sangat berpengaruh kepada psikologis anak maupun orangtua. Semakin Anda percaya, maka anak pun akan menjadi mudah beradaptasi di sekolah.