Bercinta dan Manfaatnya bagi Kesehatan Anda

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 10 Feb 2016, 16:35 WIB
Bercinta merupakan suatu kegiatan yang lazim dilakukan oleh pasangan suami istri. Bercinta juga diketahui memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut info medisnya.
Bercinta dan Manfaatnya bagi Kesehatan Anda

Bercinta merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi pasangan suami istri. Bercinta bukan hanya merupakan sekedar kegiatan untuk tujuan reproduksi, tetapi juga kegiatan rekreasi.

Kegiatan bercinta diketahui merupakan suatu kegiatan menyehatkan bagi pasangan suami istri yang menjalankannya. Dan hal ini tentunya memberikan motivasi lebih bagi para pasangan suami istri.

Apa saja manfaat bercinta bagi kesehatan tubuh?

1. Bercinta Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh anda

Pasangan suami istri yang melakukan kegiatan bercinta memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk mencegah terjadinya infeksi terhadap tubuh mereka, misalnya infeksi dari bakteri, virus, dan penyusup lainnya yang dapat membahayakan tubuh.

Para peneliti dari Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa pasangan yang bercinta sekali atau dua kali dalam seminggu memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi daripada pasangan yang jarang melakukan kegiatan bercinta.

2. Meningkatkan Kemampuan Perempuan Mengontrol Kandung Kemih

Otot dasar panggul yang kuat merupakan suatu hal yang penting guna menghindari terjadinya inkontinensia atau ketidakmampuan untuk mengatur kandung kemih. 

Melakukan kegiatan bercinta dengan cara yang benar sama saja seperti melakukan latihan untuk otot dasar panggul Anda. Kontraksi yang terjadi ketika Anda orgasme akan memperkuat otot dasar panggul Anda.

3. Menurunkan Tekanan Darah Anda

Penelitian menunjukkan bahwa ketika pasangan suami istri melakukan kegiatan bercinta, maka tekanan darah akan menurun. Hal tersebut disebabkan karena setelah terjadinya orgasme, hormon relaksan akan dilepaskan. Hal inilah yang akan menurunkan tekanan darah Anda.

4. Bercinta Sama Dengan Olahraga

Kegiatan bercinta, jika dilakukan dengan benar, akan membuat Anda memberikan pergerakan pada otot-otot tungkai dan membuat kerja jantung dalam tingkat maksimal. Hal ini merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga kesehatan Anda.