Penyakit Degeneratif dan Seks: Berhubungan?

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 10 Feb 2016, 17:04 WIB
Penyakit degeneratif dan seks merupakan suatu hal yang sangat erat kaitannya, benarkah demikian? Jika iya, bagaimana cara mengatasi penyakit degeneratif yang dapat mengganggu aktivitas seksual Anda? Berikut info medisnya.
Penyakit Degeneratif dan Seks: Berhubungan?

Penyakit degeneratif dan seks diyakini merupakan suatu hal yang saling berhubungan, namun benarkah demikian?

Seks merupakan hak bagi setiap manusia. Karenanya, seks merupakan suatu kebutuhan yang manusiawi. Namun, gangguan kesehatan seperti penyakit degeneratif diyakini dapat mempengaruhi kehidupan seksual Anda.

Usia tua dan penyakit degeneratif, seperti gangguan tulang belakang, adalah hal yang sangat erat kaitannya. Spinal Stenosis, Herniasi Diskus, dan gangguan dari penyakit degeneratif lain terkait usia tentunya akan membuat kehidupan seks Anda menjadi terganggu.

Namun, akibat dari penyakit degeneratif tersebut bukanlah penghalang bagi Anda untuk melakukan hubungan seks. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat melakukan beberapa perubahan guna mendapatkan aktivitas seks yang menyenangkan.

Beberapa perubahan yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati penyakit degeneratif yang mengganggu aktivitas seksual Anda adalah:

  1. Posisi

Jika Anda memiliki beberapa penyakit degeneratif seperti stenosis spinalis, punggung Anda akan merasakan sakit saat melakukan hubungan seks. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan perubahan pada posisi seks Anda.

Yang harus Anda lakukan untuk menyiasati hal ini selama melakukan hubungan seks adalah dengan menyangga tubuh Anda dibagian pinggang atau punggung dengan menggunakan bantal agar tekanan pada tulang belakang Anda dapat berkurang, dan lakukanlah dengan posisi pasangan Anda berada diatas.

  1. Lokasi

Bukan waktunya bagi Anda, yang memiliki penyakit degeneratif, untuk membiarkan diri Anda melakukan seks di lantai, atau di atas permukaan yang keras. Apabila Anda melakukan hubungan seks di atas lantai ataupun di atas permukaan yang keras, Anda akan merasakan tulang belakang Anda yang akan semakin sakit. Contohnya adalah dengan melakukan seks diatas matras yang lembut guna membuat punggung Anda nyaman dan terhindar dari rasa nyeri.

  1. Foreplay

Foreplay sebelum seks tetap menjadi aktivitas awal yang menyenangkan bagi Anda yang memiliki ataupun tidak memiliki penyakit degeneratif. Bagi  Anda yang memiliki penyakit degeneratif, yang harus Anda lakukan adalah merubah gaya Anda ketika melakukan foreplay. Misalnya dengan meminta pasangan Anda melakukan pijatan yang lembut sehingga akan membuat ketegangan pada tulang belakang Anda lebih berkurang.

Hal ini penting untuk dilakukan guna mengatasi otot yang tegang. Pasalnya, otot yang tegang akan membuat pasokan oksigen berkurang dan akan memperparah nyeri tulang belakang Anda, khususnya apabila Anda sudah memiliki gangguan penyakit degeneratif seperti stenosis spinalis ataupun gangguan herniasis diskus spinal.