9 Pertanyaan Seputar Haid

Oleh dr. Citra Roseno pada 11 Feb 2016, 11:26 WIB
Jika berbicara seputar haid, banyak sekali pertanyaan dan jawaban yang sering dilontarkan oleh kaum wanita. Nah, apa saja pertanyaan seputar haid itu? Baca selengkapnya di sini.
9 Pertanyaan Seputar Haid

Haid memang dialami oleh setiap wanita, namun apakah selama ini Anda sudah mengerti benar tentang haid? Apa saja yang sudah Anda ketahui mengenai tubuh Anda? Berikut adalah beberapa pembahasan seputar haid yang sering memicu pertanyaan:

Berolahraga saat haid

Kegiatan olahraga memiliki dampak yang baik untuk tubuh, baik pada orang yang sedang haid ataupun tidak. Apa pun jenisnya, olahraga juga membantu melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa nyeri dan kram ketika haid.

  • “Bolehkah berenang ketika sedang haid?”

Berenang tidaklah dilarang ketika sedang haid. Berenang justru dapat membantu meregangkan otot di sekitar punggung yang ikut nyeri ketika sedang haid. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berenang di kala haid. Misalnya, selalu gunakan pembalut baru setiap sebelum berenang. Pembalut yang basah akan mudah bocor ketika di air. Selain itu juga untuk menghindari risiko infeksi pada organ kewanitaan. Sebaiknya berenang dilakukan pada hari-hari terakhir menstruasi – ketika volume darah yang keluar sudah tidak terlalu banyak – untuk mengurangi risiko rasa tidak nyaman dan nyeri ketika berenang.

  • Bagaimana dengan berenang di laut ketika haid? Akankah diserang oleh hiu?”

Hingga saat ini, belum pernah tercatat kejadian perenang atau penyelam yang sedang menstruasi kemudian diserang oleh hiu. Hiu memang diketahui memiliki penciuman tajam terhadap cairan tubuh terutama darah dan materi organik lainnya, namun cenderung lebih tertarik pada darah ikan. Agar tenang, tetaplah berada dalam zona aman yang telah ditentukan penjaga pantai jika ingin berenang di laut.

  • “Jenis olahraga apa yang sebaiknya dihindari saat haid?”

Jawabannya adalah olahraga ekstrem atau olahraga dengan intensitas berat. Wanita rentan mengalami anemia ketika sedang haid, sehingga asupan oksigen ke otak dan organ vital dapat terganggu. Selain itu, nyeri yang menyertai haid juga dapat menganggu fokus kita saat berolahraga dan justru membahayakan diri sendiri.

Kesimpulan: Olahraga amat dianjurkan ketika sedang haid. Namun jika muncul keluhan atau rasa tidak nyaman ketika berolahraga, segera hentikan aktivitas dan beristirahatlah.

Mandi saat haid

Ketika haid, tidak ada alasan apa pun untuk mengubah kebiasaan kita membersihkan diri. Kebersihan seluruh tubuh terutama organ kewanitaan justru harus diutamakan ketika sedang haid.

  • “Bolehkah mandi dengan air dingin saat haid?”

Ketika haid, Anda dapat mandi dengan air dingin maupun air hangat karena tidak mempengaruhi siklus menstruasi. Namun, penggunaan air hangat terkadang dianjurkan bagi mereka yang mengalami keluhan haid seperti nyeri pramenstruasi, kram, atau pegal pada otot, karena dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh.

  • “Benarkah mandi air hangat dapat memperbanyak volume darah yang keluar?”

Volume darah yang keluar saat menstruasi tidak dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti suhu air. Air panas atau hangat memang memicu pelebaran pembuluh darah di bawah kulit sehingga otot juga akan terasa lebih rileks, namun tidak sampai mempengaruhi sirkulasi darah di organ dalam.

  • “Bolehkah keramas saat haid?”

Mencuci rambut merupakan bagian dari menjaga kebersihan seluruh tubuh. Tidak ada pengaruh dari mencuci rambut terhadap haid seseorang. Mencuci rambut justru akan membuat kita merasa segar, bersih, serta mencegah timbulnya penyakit.

Tidur saat haid

Haid mungkin membuat Anda lemas dan tak bertenaga, sehingga Anda menjadi lebih ngantuk dari biasanya. Tidur memang penting untuk kesehatan, bahkan dapat memperbaiki mood dan kondisi tubuh, terutama saat Anda sedang haid. Namun, tetaplah perhatikan pola tidur Anda agar tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.

  • “Haruskah banyak tidur ketika haid?”

Anda dianjurkan untuk tidur secukupnya, seperti biasanya. Tidak ada anjuran untuk menambah waktu tidur, kecuali jika terdapat keluhan lain yang menyertai haid seperti kelelahan hingga sakit kepala. Bisa jadi ini adalah tanda anemia di mana tubuh, terutama otak, kekurangan suplai oksigen sehingga kita terus mengantuk. Tetap seimbangkan waktu istirahat dan beraktivitas agar tubuh tetap fit dan segar.

  • “Mengapa sulit tidur menjelang haid?”

Beberapa kondisi seperti nyeri, kram, hingga gangguan pencernaan yang menyertai sindrom pramenstruasi dapat membuat kita sulit untuk tidur. Untuk itu, cobalah biasakan teknik relaksasi sebelum tidur, terutama menjelang haid. Anda dapat melakukan meditasi, yoga, serta menghindari makan satu jam sebelum tidur.

Obat Pereda Nyeri Haid

Mengonsumsi obat pereda nyeri haid memang berguna untuk mengurangi kram yang terjadi, apalagi jika rasa sakit sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

  • “Benarkah minum obat nyeri haid bisa membuat rahim kering?”

Ketika Anda merasakan nyeri haid, rasa nyeri tersebut dibawa oleh sistem saraf menuju otak. Dari otak, sinyal-sinyal tersebut dikirimkan ke seluruh tubuh sehingga Anda merasa sakit. Obat pereda nyeri haid bekerja di sistem saraf pusat (bukan bekerja di area rahim atau kewanitaan), sehingga tidak akan mempengaruhi rahim.

Selain itu, dunia kedokteran tidak mengenal istilah “rahim kering”. Kesulitan seseorang untuk hamil memang ada yang disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi pada rahim dan organ kewanitaan, misalnya masalah pada mulut rahim. Namun, ini dapat ditangani dan bukan disebut sebagai “rahim kering”.