Kram Perut saat Haid, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 11 Feb 2016, 11:40 WIB
Kram perut saat haid merupakan kondisi yang sangat membuat tidak nyaman. Bagaimana cara mencegah terjadinya kram perut saat haid? Berikut info medisnya.
Kram Perut saat Haid, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Kram perut saat haid merupakan hal normal yang terjadi pada setiap wanita yang sedang mengalami haid. Namun terkadang, terjadinya keluhan ini membuat rasa tidak nyaman dan menganggu aktivitas sehari-hari.

Mengapa keluhan ini dapat terjadi? Selama periode haid, terjadi pelepasan hormon prostaglandin dan mediator inflamasi (peradangan) yang akan merangsang uterus untuk berkontraksi.

Ketika terjadi kontraksi otot uterus, pembuluh darah di sekitarnya akan ikut mengecil secara teratur sehingga terjadi pengurangan pasokan darah ke jaringan endometrium dan kemudian kemudian jaringan menjadi rusak dan mati.

Kontraksi uterus kemudian berlanjut sehingga ikut melepaskan jaringan endometrium yang sudah tua dan mati keluar melalui serviks (leher rahim) menuju vagina. Kontraksi uterus dan kurangnya pasokan oksigen sementara yang berada di jaringan sekitar ikut bertanggung jawab akan timbulnya nyeri atau kram perut yang dialami selama haid.

Berikut beberapa cara untuk mencegah kram perut saat haid:

  • Konsumsi obat antinyeri

Obat antinyeri yang baik untuk dikonsumsi ketika Anda mengalami masalah kram perut saat haid adalah obat antinyeri yang memiliki kandungan parasetamol dan hyoscyami, karena selain dapat membantu mengatasi masalah kram perut, obat antinyeri yang mengandung parasetamol dan hyoscyami juga dapat membantu mengatasi masalah nyeri saat haid.

  • Konsumsi suplemen kalsium dan magnesium

Rutinlah mengonsumsi suplemen kalsium dan magnesium setiap bulan, karena kedua asupan ini membantu dalam relaksasi otot di dalam tubuh. Asupan kalsium yang disarankan adalah 1000 mg perhari, sedangkan magnesium yang disarankan adalah 500 mg perhari.

  • Konsumsi teh

Teh yang terbuat dari daun raspberry diketahui dapat membantu mengurangi kontraksi Rahim. Cobalah untuk mengonsumsi teh daun raspberry setiap hari guna mencegah nyeri kram perut saat haid.

  • Perbanyak asupan sayuran hijau

Sayuran hijau banyak mengandung magnesium dan kalsium yang dapat menjaga relaksasi otot di dalam tubuh.

  • Menghentikan asupan kopi

Kopi mengandung kafein yang dikenal sebagai vasokonsriktor yang dapat membuat pembuluh darah mengecil sehingga akan memperparah nyeri saat haid karena pembuluh darah yang menyuplai darah ke rahim akan semakin menyempit.

  • Rutin melakukan olahraga

Wanita yang rutin melakukan olahraga terbukti dapat mengurangi nyeri saat haid. Dengan latihan fisik atau berolahraga secara teratur, peredaran darah Anda akan semakin lancar dan tubuh akan menghasilkan hormon endorphin yang dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.