Khasiat Minyak Ikan untuk Anak

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 16 Feb 2016, 11:09 WIB
Minyak ikan dipercaya sebagai suplemen yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak, baik yang dikemas dalam bentuk kapsul maupun cair. Sebenarnya, apa manfaat dari minyak ikan?
Khasiat Minyak Ikan untuk Anak

Minyak ikan dikenal dengan nutrisinya yang sangat baik untuk perkembangan anak.  Beberapa kandungan yang ada pada minyak ikan di antaranya vitamin A, vitamin D, makronutrien, dan omega-3.

Asam lemak omega-3 sangat penting bagi beberapa organ tubuh agar dapat bekerja lebih optimal. Mata dan otak  adalah contoh dari organ-organ yang dimaksud. Jika anak Anda kurang mengonsumsi omega-3, fungsi organ-organ ini mungkin akan terganggu.

Omega-3 merupakan jenis asam lemak esensial yang biasa ditemukan pada ikan dan makanan laut. Banyak orang yang tidak makan banyak makanan laut memilih untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan karena mengandung sejumlah besar omega-3.

Manfaat Omega-3 untuk Anak

Minyak ikan yang dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan kinerja otak anak di sekolah. Peningkatan kinerja ini meliputi kemampuan berhitung, kemampuan membaca, dan kemampuan menganalisa suatu masalah.  

Dikatakan juga bahwa konsumsi rutin minyak ikan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada anak, sehingga memungkinkan anak untuk melawan timbulnya penyakit yang disebabkan karena virus (misalnya batuk dan pilek).  

Selain itu, omega-3 dipercaya dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Sebuah studi yang dilakukan pada 29 anak penderita asma menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minyak ikan selama 10 bulan memiliki gejala asma lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengonsumsi minyak ikan. Namun, fungsi omega-3 sebagai pengobatan asma masih memerlukan penelitian lebih lanjut.