8 Cara Meningkatkan Kemampuan Baca Anak

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 16 Feb 2016, 11:34 WIB
Kemampuan baca yang baik memiliki peran penting dalam bidang akademik maupun sosial anak. Untuk itu, orangtua perlu mengajarkan lebih dini kepada anak mereka.
8 Cara Meningkatkan Kemampuan Baca Anak

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Ketika anak masuk TK, ia juga akan mulai banyak membaca dan menulis. Namun, tidak ada salahnya bila Anda ingin mengajarkan kepada anak lebih dini.

Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan baca anak:

  1. Sisihkan waktu untuk membaca untuk anak setiap hari

Riset menunjukkan bahwa membaca dengan suara lantang secara rutin kepada anak akan menghasilkan keuntungan yang signifikan, seperti pemahaman membaca dan kosakata anak yang meningkat.

  1. Kelilingi anak dengan buku-buku bacaan

Mungkin anak tidak langsung suka membaca begitu saja. Untuk menyiasatinya, Anda dapat meletakkan buku-buku di setiap sudut rumah, sehingga mau tak mau ia akan mengambil buku tersebut dan membacanya. Atau Anda bisa melakukan aktivitas membaca di depannya, meski anak sedang tidak membaca atau bermain – dengan melihat Anda membaca, anak akan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

  1. Buatlah acara membaca bersama keluarga

Sediakan waktu setiap hari selama 15-30 menut untuk membaca bersama anak. Meski hanya 15 menit, tapi hal ini dapat meningkatkan minat membaca pada anak.

  1. Mendorong berbagai kegiatan membaca

Jadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan anak. Ketika sedang berjalan dengan anak, mintalah ia untuk membaca menu, tanda-tanda di pinggir jalan, judul poster film, dan informasi praktis sehari-hari lainnya. Selain itu, pastikan anak selalu memiliki sesuatu untuk dibaca pada waktu luangnya, misalnya saat mereka sedang menunggu teman atau mengendarai mobil.

  1. Biasakan pergi ke perpustakaan

Jangan sampai anak bosan dengan kegiatan membaca yang itu-itu saja. Ajaklah anak untuk pergi ke perpustakaan setiap beberapa minggu, agar ia mendapatkan bahan bacaan yang baru.

  1. Ikuti terus perkembangan membaca anak

Kemampuan membaca setiap anak berbeda-beda sesuai tingkat usianya. Cari tahu dengan membuat tes kecil-kecilan atau mencari informasi lewat gurunya.

  1. Gunakan berbagai alat bantu

Untuk membantu anak mengembangkan kemampuan membaca mereka, Anda bisa menggunakan buku, program komputer, video, dan bahan lain yang tersedia di toko-toko. Game juga bisa menjadi pilihan yang baik karena anak tidak akan merasa sedang belajar.

  1. Tampilkan antusiasme saat membaca

Reaksi Anda memiliki pengaruh yang besar pada seberapa keras mereka akan mencoba untuk menjadi pembaca yang baik.

Pada dasarnya, sering membaca dengan anak merupakan cara terbaik untuk melihat apakah mereka mengalami kesulitan yang mengkhawatirkan. Sehingga ketika Anda menemukan masalahnya, Anda dapat langsung mendiskusikan hal tersebut dengan guru mereka dan meminta bantuan tambahan jika diperlukan.