8 Tips Mencegah Infeksi Jamur di Kaki

Oleh dr. Irma Rismayanty pada 02 Mar 2016, 00:16 WIB
Mencegah infeksi jamur haruslah dilakukan. Pasalnya, infeksi jamur yang terjadi dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Berikut 8 Tips Mencegah infeksi jamur di kaki oleh dr. Irma Rismayanty.
8 Tips Mencegah Infeksi Jamur di Kaki

Infeksi jamur saat ini banyak menyerang orang dengan tingkat aktivitas yang tinggi. Karenanya, faktor kelembapan menjadi poin penting untuk selalu diperhatikan bagi Anda yang memiliki tingkat aktivitas tinggi.

Mengapa faktor kelembapan penting untuk selalu diperhatikan? Perlu Anda ketahui, jamur sangat senang untuk tumbuh di tempat-tempat yang lembap, seperti kaki.

Bagi Anda yang yang hobi memakai sepatu dan Anda gemar untuk melakukan aktivitas di luar rumah, perhatikanlah kesehatan kaki Anda. Jangan sampai kaki Anda terserang infeksi jamur yang membuat aktivitas Anda menjadi terganggu.

Pasalnya, pemakaian sepatu dalam jangka waktu yang lama sangat berisiko terserang infeksi jamur kaki, atau dalam istilah medis disebut sebagai tinea pedis atau Athlete’s foot.

Infeksi jamur seperti ini memang agak sulit untuk disembuhkan. Selain membutuhkan waktu yang lama, Anda juga harus benar-benar disiplin untuk menghindari faktor pencetus terjadinya infeksi jamur di kaki, seperti kelembapan.                             

Gejala yang dapat ditimbulkan akibat infeksi jamur tersebut dapat berupa kaki gatal dan berbau. Selain itu, infeksi jamur ini juga dapat menimbulkan kelainan pada kulit kaki, seperti kemerahan, kulit mengelupas, penebalan kulit dan bentol-bentol berisi cairan.

Untuk menghindari terjadinya infeksi jamur di kaki, sebaiknya Anda terlebih dahulu menjaga kebersihan kaki Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Gunakan sepatu ataupun sandal yang nyaman digunakan. Usahakan untuk menggunakan kaus kaki yang dapat menyerap keringat dengan efektif sehingga kaki Anda tidak lembap.

  2. Gunakan kaus kaki berbahan katun yang tipis sehingga dapat menyerap keringat lebih efektif

  3. Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari, berikan waktu untuk sepatu Anda beristirahat. Jemurlah sepatu Anda di bawah sinar matahari hingga kering menyeluruh.

  4. Saat mandi, bersihkan kaki Anda hingga ke sela jari kaki menggunakan sabun dan air yang mengalir. Setelah mandi, keringkan bagian kaki hingga sela-sela jari kaki Anda hingga benar-benar kering.

  5. Hindari penggunaan kaus kaki atau sepatu yang tertutup saat kaki dalam keadaan basah/lembap.

  6. Bila kaki banyak mengeluarkan keringat, gantilah kaus kaki Anda lebih sering.

  7. Usahakan untuk selalu mencuci kaus kaki yang Anda gunakan setiap hari, atau bila hendak digunakan kembali. Jemurlah kaus kaki yang Anda cuci di bawah sinar matahari agar kaus kaki berada dalam kondisi kering dan tidak lembap ketika akan digunakan.

  8. Hindarilah untuk meminjam kaus kaki ataupun sepatu milik orang lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan tertularnya infeksi jamur.

Dengan menerapkan 8 tips mencegah infeksi jamur di kaki tersebut, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan infeksi jamur di kaki yang mengancam Anda. Selamat mencoba!