Infeksi Jamur Karena Tidak Memakai Alas Kaki

Oleh dr. Mega Putri pada 02 Mar 2016, 00:29 WIB
Infeksi jamur dapat terjadi karena Anda tidak memakai alas kaki. Mengapa demikian? Berikut info medisnya.
Infeksi Jamur Karena Tidak Memakai Alas Kaki

Pernahkah Anda mengalami gejala-gejala seperti kaki terasa amat sangat gatal, sela-sela jari kaki seperti terbelah atau cracking, penebalan kulit kaki, dan kaki terasa bersisik? Apabila ya, mungkin Anda mengalami infeksi jamur kaki.

Infeksi jamur kaki merupakan infeksi jamur yang sangat menular. Anda dapat tertular hanya dengan menyentuh kaki orang yang menderita penyakit ini.

Hal yang paling sering terjadi adalah banyak orang tertular akibat berjalan tanpa menggunakan alas kaki di lantai kamar mandi kolam renang, atau kamar mandi gym.

Apabila Anda sering melakukan hal yang demikian, jamur akan menempel di kaki Anda. Apabila kaki tidak dibersihkan dengan sempurna, jamur akan menyebar ke sepatu Anda dan tumbuh subur di sepatu Anda, terutama apabila sepatu tersebut terlalu tertutup dan sempit sehingga udara tidak bisa bergerak di dalam sepatu.

Jamur kaki atau tinea pedis disebabkan oleh jamur yang dinamakan dermatofit. Jamur ini banyak ditemukan di lingkungan tertutup, lembap, dan basah. Jamur ini merupakan jamur yang sangat menular. Jamur ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau melalui partikel lain, seperti handuk, sepatu, atau bahkan lantai.

Karenanya, berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat meningkatkan kemungkinan tertularnya tinea pedis karena jamur bisa tumbuh di atas lantai yang lembap. Apabila jamur yang tumbuh di lantai tersebut tidak sengaja kita injak dan tidak membersihkannya dengan sempurna, maka kita bisa dengan mudahnya terkena infeksi jamur ini.

Untuk menghindari kaki Anda dari infeksi jamur yang dapat hidup di lantai, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Menjaga kaki Anda agar tetap bersih dan kering.

  • Keringkan sela-sela jari kaki setelah mandi atau berenang.

  • Gunakan sandal yang bisa tetap membiarkan kaki terpapar udara.

  • Gunakan selalu alas kaki di lantai kamar mandi, kolam renang, pemandian umum, gym, dan tempat lain yang lembap.

  • Jangan pernah memakai kaus kaki, handuk, atau sepatu secara bergantian dengan orang lain.

  • Bersihkan kamar mandi dengan cairan pembersih hingga bersih secara menyeluruh.

  • Cucilah kaki dan sela-sela jari kaki Anda dengan baik menggunakan sabun dan air yang mengalir setiap hari. Apabila Anda mandi di tempat gym, cucilah kaki Anda dengan teliti hingga bersih sebelum Anda keluar kamar mandi.

  • Guntinglah kuku Anda agar kondisi kuku Anda tetap pendek sehingga tetap dapat dibersihkan dengan optimal.

  • Gunakanlah kaus kaki yang berbahan katun yang bisa menyerap keringat dan membuat kaki Anda tetap kering.

  • Gunakan sepatu yang bisa membuat kaki Anda tetap “bernapas”, dan jangan gunakan sepatu sintetis karena dapat menghambat penguapan keringat.

  • Bila infeksi sudah terjadi, gunakanlah krim antijamur secara teratur untuk membantu mengatasi infeksi jamur di kaki Anda.