Bagian Lipatan Tubuh Menghitam? Waspada Infeksi Jamur!

Oleh dr. Dewi Ema Anindia pada 02 Mar 2016, 00:34 WIB
Apakah bagian lipatan tubuh Anda menghitam? Jika iya, berhati-hatilah. Pasalnya, bagian lipatan tubuh yang menghitam sangat erat kaitannya dengan infeksi jamur yang menyerang. Berikut info medisnya
Bagian Lipatan Tubuh Menghitam? Waspada Infeksi Jamur!

Bagian lipatan tubuh yang menghitam setelah infeksi akut jamur dapat disebut sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana bagian tubuh menjadi berwarna lebih gelap dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Penyebab dari hiperpigmentasi sangat bervariasi, mulai dari infeksi jamur, kulit alergi, gesekan karena pakaian, hingga bekas jerawat.

Bagian lipatan kulit yang menghitam karena infeksi jamur sering timbul pada daerah-daerah yang lembap, tempat jamur banyak berkembang, seperti pada lipatan bokong dan selangkangan.

Pada umumnya, kondisi menghitam pada selangkangan disebut sebagai “Jock Itch” atau Tinea kruris. Biasanya, perubahan warna hitam tersebut akan muncul setelah infeksi radang akut dan dapat bertahan hingga waktu yang lama. Pada infeksi jamur berat, perubahan warna hitam ini bisa bertahan hingga beberapa bulan.

Hiperpigmentasi ini terjadi karena proses peradangan dapat menstimulasi produksi melanosit, atau sel untuk produksi pigmen warna kulit. Sel-sel ini akan meningkatkan produksi dari melanin atau pigmen. Setelah itu, pigmen yang berwarna gelap ini akan menyusup diantara sel-sel kulit sehingga membuat daerah kulit menjadi lebih gelap. Proses peradangan yang menyebabkan hal ini seringkali disebabkan oleh infeksi, seperti infeksi jamur.

Untuk sementara, beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal ini adalah:

  • Gunakan pakaian yang longgar, hindari pakaian yang terlalu ketat

  • Cucilah pakaian dengan bersih setelah selesai menggunakan pakaian tersebut

  • Gantilah pakaian dalam Anda setelah Anda berkeringat

  • Pastikan Anda menjaga kebersihan tubuh Anda, terutama daerah selangkangan. Namun, apabila muncul di lipatan kaki, pastikan kebersihan daerah lipatan kaki juga terjaga

  • Gantilah kaos kaki Anda setiap harinya, dan hindari untuk menggunakan sepatu berbahan sintetis

  • Akan lebih baik apabila sepatu Anda memiliki rongga terbuka agar udara dapat keluar masuk dengan bebas

Apabila Anda menderita hal ini maka segeralah lakukan pengobatan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat antijamur untuk membantu mengatasi masalah infeksi jamur Anda. Saat infeksi tersebut dapat teratasi maka pada umumnya kulit yang menghitam ini akan kembali ke warna normal. 

Ghio SamudraGhio Samudra

obat anti jamur apa yg di gunakan untuk mengobati selakangan yg menghitam,kering dan kadang mengelupas dok