Benarkah Anak Sulung Selalu Lebih Pintar dari Adiknya?

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 16 Mar 2016, 12:41 WIB
Anak sulung selalu dikatakan dapat lebih pintar dari adiknya. Namun, benarkah demikian? Berikut ulasannya dari dr. Kartika Mayasari.
Benarkah Anak Sulung Selalu Lebih Pintar dari Adiknya?

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Anak sulung selalu lebih pintar dari adik-adiknya. Tampaknya, kata-kata tersebut kurang adil bagi anak kedua dan seterusnya, sedangkan Si Sulung akan merasakan kebanggaan tersendiri bagi dirinya. Tetapi, apakah pernyataan tersebut benar adanya?

Anak bungsu biasanya lebih diberikan kebebasan untuk melakukan apa yang mereka inginkan dibandingkan dengan anak sulung. Namun, anak sulung biasanya mendapatkan kualitas otak dari kepintaran orangtua mereka.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa anak sulung dalam keluarga cenderung cerdas, dan masing-masing saudaranya secara berturut sedikit berkurang kecerdasannya.

Namun demikian, hal tersebut itu hanya bisa diukur dengan IQ, padahal kecerdasan mempunyai banyak aspek penilaiannya. Perbedaan nilai IQ pun sebenarnya hanya sedikit, sekitar 1,5 poin saja per saudara. Jadi, dengan stimulasi otak yang baik sebenarnya anak kedua dan seterusnya pun bisa menjadi sepintar atau secerdas anak Sulung.

Para peneliti di Jerman melakukan penelitian terkait kecerdasan otak pada anak sulung, mereka mengatakan bahwa kecerdasan tersebut mungkin bisa terjadi karena anak sulung mendapatkan perhatian penuh dari orangtua mereka, setidaknya hingga anak sulung tersebut memiliki adik.

Si Sulung dituntut penuh oleh orangtua untuk melakukan tanggung jawab dan kedisiplinan. Mungkin karena hal ini pula anak sulung seperti mempunyai kecerdasan yang melebihi adik-adiknya dalam hal akademik maupun dalam bidang nonakademik.

Namun demikian, walaupun terjadi perbedaan poin IQ pada kecerdasan otak anak di setiap keluarga, kepribadian mereka cenderung tidak memiliki perbedaan dari setiap saudara yang dimilikinya.