Kecerdasan Otak Anak tidak Hanya Berdasar pada Nilai Ulangan

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 16 Mar 2016, 12:53 WIB
Tahukah Anda bahwa kecerdasan otak anak tidak hanya berdasar pada nilai ulangan saja?
Kecerdasan Otak Anak tidak Hanya Berdasar pada Nilai Ulangan

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Tahukah Anda bahwa kecerdasan otak anak tidak dapat dinilai hanya berdasarkan atas nilai ujian anak Anda?

Jika demikian, banyak sekolah yang akan kehilangan murid-murid berbakat jika hanya nilai ulangan yang dijadikan tolak ukur dalam menentukan prestasi anak, khususnya saat penerimaan siswa baru.

Seorang ahli berpendapat bahwa banyak orang yang sangat cerdas adalah orang yang kurang memiliki ide, atau dia hanya pintar dalam 1 hal saja. Namun banyak orang yang kurang memiliki kecerdasan, sebenarnya adalah orang cerdas yang rata-rata terampil dalam berbagai hal.

Banyak dari orangtua yang memarahi anaknya ketika nilai ulangan anak tersebut mendapatkan nilai yang jelek. Atau ketika seorang anak tidak masuk ke dalam daftar siswa yang memiliki peringkat 10 besar di sekolah. Padahal, anak Anda sebenarnya adalah anak yang sangat terampil dalam berolahraga, ataupun pelajaran kesenian. Sungguh tidak adil bukan memarahi anak hanya karena hal seperti itu?

Terkadang, orangtua sangat memaksa anaknya agar anak tersebut dapat berprestasi secara nilai di sekolah. Padahal, kecerdasan anak dan nilai yang didapat saat ujian adalah 2 hal yang berbeda.

Sebaiknya jangan langsung menghakimi dengan kata-kata yang kurang baik saat nilai anak Anda jelek. Ada baiknya Anda telusuri terlebih dahulu penyebab dari jeleknya nilai anak Anda. Pasalnya, bisa saja justru Anda, sebagai orangtua, yang menjadi penyebab jeleknya nilai anak Anda.

 

1 of 2

Cara membuat anak lebih cerdas

Beberapa penyebab yang menyebabkan menurunnya prestasi anak Anda adalah kecemasan terhadap sesuatu hal, trauma pada perlakuan di rumah atau di sekolah, dan kurangnya istirahat yang berujung sulitnya bekonsentrasi saat pelajaran sekolah.

Lalu bagaimana cara untuk membuat anak-anak lebih Anda cerdas?

Sebuah pertanyaan yang sangat sulit untuk di jawab. Pasalnya, banyak cara untuk memperlihatkan kecerdasan anak Anda, karena kecerdasan tidak hanya dilihat dari berapa nilai yang anak Anda dapatkan di sekolah.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencaritahu tentang bakat, minat dan potensi yang ada di dalam diri Anak anda. Setelah itu barulah Anda dapat memutuskan bagaimana cara selanjutnya agar kecerdasan alami anak Anda dapat berkembang dengan baik. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan, misalnya dengan mengasah kemampuan anak Anda melukis, membuat puisi, ataupun berlatih piano.

Menurut salah seorang profesor pendidikan University of Delaware di Newark, kecerdasan mencerminkan kemampuan umum anak untuk menerima sebuah informasi yang berisikan pembelajaran, pemahaman, penalaran, dan pemecahan masalah. Dan hal ini mempengaruhi banyak macam perilaku anak sehari-hari.

Setiap anak terlahir unik. Fokuskan pemikiran Anda untuk mengasah kecerdasan Anak berdasarkan minat, bakat, dan potensi diri yang dimiliki anak Anda. Karenanya, Anda jangan terlalu mempermasalahkan nilai yang didapatkan oleh anak Anda disekolahnya. Dan yang terpenting adalah untuk selalu menghargai setiap proses yang telah dilakukan oleh anak Anda.

Lanjutkan Membaca ↓