Pentingnya Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 16 Mar 2016, 12:56 WIB
Selain ibu, ternyata peranan ayah dalam proses tumbuh kembang anak juga sangat penting. Berikut pembahasan tekait pentingnya peran ayah dalam tumbuh kembang anak oleh dr. Kartika Mayasari.
Pentingnya Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Ayah memainkan peran penting dalam proses tumbuh kembang anak, mulai dari anak tersebut lahir hingga ia dewasa.

Banyak penelitian mengambil kesimpulan yang sama, yaitu anak-anak yang memiliki ayah yang terlibat dalam proses tumbuh kembangnya memiliki keuntungan dalam bidang sosial dan akademis lebih dari anak-anak yang jauh atau tidak berhubungan dengan ayah mereka saat proses tumbuh kembangnya berlangsung.

Seorang peneliti dari University of Maryland School of Medicine menemukan bahwa bahwa ayah yang terlibat dalam proses tumbuh kembang anaknya memiliki anak dengan lebih sedikit masalah dibandingkan dengan anak yang dalam proses tumbuh kembangnya tidak didampingi oleh sosok ayah. Selain itu, peneliti tersebut juga menyebutkan bahwa keterlibatan seorang ayah sangat membantu anak-anak.

Secara khusus, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa anak yang didampingi sosok ayah dalam proses tumbuh kembangnya memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik, dan memiliki lebih sedikit masalah terkait perilaku. Menariknya, hasil penelitian ini juga berlaku jika ayah tidak tinggal di rumah yang sama dengan anak-anaknya, misalnya, dalam situasi perceraian. Yang menjadi faktor penting adalah bagaimana peran ayah dalam proses tumbuh kembang anak, bukan masalah tinggal dalam satu rumah ataupun tidak.

Menurut sebuah studi di University of Illinois, ayah yang lebih meluangkan banyak waktu untuk bertanya tentang kegiatan yang dilakukan oleh sang anak jauh lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Dan penting untuk dicatat bahwa sosok ayah ini tidak harus yang menjadi ayah biologis agar anak-anak bisa mendapatkan keuntungan tersebut. Berarti, sosok ayah nonbiologis/ayah tiri, atau laki-laki dewasa di dalam sebuah keluarga juga bisa melakukan hal ini.

Para peneliti University of Oxford di Inggris membuat kesimpulan yang sama tentang hubungan antara keterlibatan ayah dan keberhasilan akademis dalam proses belajar mereka. Selain itu, salah satu orang yang melakukan penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa sosok ayah yang terlibat dalam membacakan buku cerita untuk anaknya, mempunyai acara spesial dengan anaknya, tertarik dalam pendidikan anaknya, dan mengambil peran yang sama dengan ibu dalam mengelola anaknya, akan memiliki anak yang lebih berprestasi di sekolah.

Dampak positif keterlibatan ayah untuk anak laki-lakinya

Selain manfaat tersebut, ada beberapa dampak positif khusus untuk hubungan ayah dan anak yang baik. Hal ini sehubungan dengan para peneliti di University of Oxford yang melaporkan bahwa anak laki-laki yang memiliki keterlibatan ayah dalam proses tumbuh kembangnya cenderung dapat menyelesaikan masalah dengan lebih baik dengan kendali emosi yang cukup baik pula saat anak tersebut dewasa.

Dampak positif keterlibatan ayah untuk anak perempuannya

Selain anak laki-laki, anak perempuan juga memiliki manfaat khusus dengan adanya hubungan Ayah dan anak yang dekat. Dengan adanya peran ayah dalam proses tumbuh kembangnya, kelak jika sudah dewasa anak perempuan tersebut akan memiliki rasa mandiri dan rasa percaya diri yang lebih baik.