Apakah Infeksi Jamur Dapat Menular Lewat Sentuhan?

Oleh dr. Irma Rismayanty pada 05 Apr 2016, 10:48 WIB
Infeksi jamur merupakan sebuah penyakit yang sangat menular. Namun, apakah infeksi jamur dapat menular lewat sentuhan? Berikut ulasannya.
Apakah Infeksi Jamur Dapat Menular Lewat Sentuhan?

Infeksi jamur pada kulit bukanlah sesuatu yang jarang terjadi. Nyatanya, infeksi jamur ini sangat umum terjadi dan sering menyerang bagian kulit, seperti kulit kepala, kaki, tangan, kuku, janggut, lipatan paha, badan, dan juga lengan.

Infeksi jamur yang terjadi akan sangat mudah menular. Cara penularan infeksi jamur pada kulit, antara lain:

  • Tertular dari orang lain yang terinfeksi jamur, atau dari manusia ke manusia (anthropopilic). Maksudnya, dengan menyentuh bagian yang terinfeksi jamur pada orang lain maka Anda juga akan tertular infeksi jamur yang sama. Jika Anda tidak sengaja menyentuh orang lain yang terinfeksi jamur, segeralah mencuci tangan Anda dengan sabun dan air yang mengalir, lalu dikeringkan dengan sempurna agar tidak lembap.

  • Dari lingkungan, termasuk dari tanah (geophilic)

  • Dari hewan yang terinfeksi (zoophilic)

Jadi, cara penularan infeksi jamur ini bukan semata-mata hanya tertular dari sentuhan antar manusia saja, tetapi binatang ataupun tanah yang mengandung jamur juga dapat menjadi media penularan infeksi jamur. Selain itu, penularan infeksi jamur secara tidak langsung juga dapat terjadi melalui kontak dengan pakaian, handuk, sisir atau benda lainnya yang dihinggapi jamur. Berkontak dengan tanaman ataupun air yang terkena jamur juga dapat menyebabkan Anda tertular infeksi jamur.

Terjadinya infeksi jamur ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Jika Anda memiliki kulit yang utuh tanpa luka luka kecil maka infeksi jamur akan sulit menyerang Anda.

  • Jika Anda memiliki banyak keringat maka infeksi jamur dapat dengan mudah menyerang, terutama pada daerah lipatan, seperti lipat paha, ketiak, dan sela-sela jari.

  • Jika Anda kurang menjaga kebersihan diri, maka Anda akan dengan mudah terkena infeksi jamur.

Dengan mengetahui cara penularan dan faktor penyebab infeksi jamur di atas, diharapkan kita dapat menjaga diri kita agar dapat terhindar dari infeksi jamur di kemudian hari. Jika ada teman Anda yang memiliki infeksi jamur, sarankan teman Anda untuk segera melakukan pengobatan.

Anda dapat menyarankan teman Anda yang terinfeksi jamur untuk menggunakan krim antijamur yang mengandung clotrimazole untuk membantu mengatasi masalah jamur yang dialaminya. Pasalnya, jika infeksi jamur tersebut terus dibiarkan, maka infeksi jamur yang terjadi akan semakin meluas dan dapat menular ke orang lain, termasuk Anda.

Sebagai kesimpulan, untuk menghindari diri Anda dari kemungkinan tertular infeksi jamur, hindarilah untuk berkontak langsung dengan orang/benda yang terinfeksi jamur. Selain itu, hindari juga penggunaan pakaian ataupun celana yang tidak menyerap keringat dengan sempurna, dan gantilah pakaian ataupun celana yang Anda gunakan jika dirasa basah ataupun lembap.

Dan yang paling penting adalah jangan berbagi segala sesuatu yang bersifat pribadi dengan orang lain, seperti pakaian, handuk, ataupun sisir. Anda juga harus menjaga kesehatan kuku Anda dengan membiasakan untuk mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan juga sabun agar kuku serta kulit tangan Anda selalu bersih, sehat, dan terhindar dari ancaman infeksi jamur.