Manfaat Mencuci Wajah Bagi Kesehatan Kulit Anda

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 15 Jun 2016, 16:33 WIB
Mencuci wajah merupakan kegiatan penting yang sering dilupakan. Padahal, mencuci wajah memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan kulit Anda, lho! Simak ulasan dari dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK berikut ini.
Manfaat Mencuci Wajah Bagi Kesehatan Kulit Anda

Terkadang, karena terlalu lelah bekerja atau pulang terlalu malam, kita menjadi enggan atau malas untuk membersihkan atau mencuci wajah. Padahal, kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan kulit. Selain itu, kebiasaan kurang baik ini juga lambat laun akan mempengaruhi tampilan kulit wajah Anda.

Pada prinsipnya, mencuci wajah akan mengangkat kotoran yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Namun, mencuci wajah menggunakan air saja tidaklah cukup. Gunakanlah sabun berpelembap untuk mencuci wajah agar wajah dapat terjaga kelembapannya dan kotoran yang menempel dapat bersih sempurna.

Beberapa manfaat mencuci wajah untuk kulit, antara lain:

  • Meningkatkan kinerja produk perawatan kulit

Setelah seharian beraktivitas, wajah biasanya akan terlihat kusam dan berminyak. Hal ini terjadi akibat kulit terpapar dengan berbagai debu, polutan, kuman, serta adanya produksi kelenjar minyak dan tumpukan sel kulit mati di area wajah. Mencuci wajah akan mengangkat kotoran dari permukaan kulit wajah, sehingga kulit akan tampak lebih segar. Dengan kulit yang bersih, produk perawatan kulit juga akan menyerap lebih baik dan bekerja lebih maksimal.

  • Meningkatkan hidrasi kulit

Membersihkan kulit wajah yang diikuti dengan pangaplikasian pelembap akan menjaga kadar hidrasi kulit. Kulit yang terjaga hidrasinya akan tampak lebih kenyal, sehat, dan halus. Selain itu, kulit juga menjadi tidak mudah keriput atau menua.

  • Mencegah timbulnya jerawat

Di kulit, terdapat kelenjar yang menghasilkan minyak alami kulit atau disebut juga sebum. Sebum yang dihasilkan akan dilepaskan ke permukaan kulit wajah dan membentuk lapisan pelindung. Sayangnya, tumpukan sel kulit mati bersama dengan bakteri dan kotoran yang terperangkap di lapisan ini, bersama dengan sisa produk kosmetika yang dipakai dapat menyumbat folikel atau pori-pori kulit sehingga sebum tidak bisa mencapai permukaan kulit dan menimbulkan peradangan, bahkan jerawat. Oleh karena itu, membersihkan kulit wajah secara teratur akan turut memastikan tidak adanya sumbatan pada folikel atau pori-pori, sehingga aliran sebum tidak terganggu dan tidak timbul peradangan atau jerawat.

  • Make-up menempel dengan baik

Wajah yang bersih akan menghasilkan permukaan kulit yang lebih halus dan merata, sehingga hasil make up akan menempel dengan baik dan memberikan hasil akhir yang lebih halus. Selain itu, membersihkan minyak dan kotoran dari permukaan kulit wajah juga akan menghasilkan make up yang lebih tahan lama.

  • Menjaga ukuran pori-pori

Seperti yang sudah dikatakan di atas, mencuci wajah akan membersihkan sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak alami kulit. Bila tidak dibersihkan secara rutin, minyak yang ada di permukaan kulit wajah, bersama dengan kotoran yang terperangkap akan meningkatkan risiko terjadinya sumbatan di saluran kelenjar. Sumbatan yang timbul dapat menyebabkan pori-pori membesar, dan tentu saja hal ini akan mengganggu tampilan kulit wajah. Jadi, mencuci wajah secara rutin dapat mencegah pori-pori membesar.

Nah, banyak sekali kan manfaat mencuci wajah? Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencuci wajah Anda, ya! Bila dilakukan secara rutin dan teratur, kulit Anda akan senantiasa terjaga kesehatan dan kecantikannya.