Tips Tetap Cantik dan Bugar Saat Berpuasa

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 15 Jun 2016, 16:39 WIB
Menjaga kondisi tetap cantik dan bugar tetap harus dilakukan walaupun sedang berpuasa. Berikut tips tetap cantik dan bugar saat berpuasa dari dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK.
Tips Tetap Cantik dan Bugar Saat Berpuasa

Bulan suci Ramadan telah tiba, tentu saja kita sudah mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan ibadah di bulan Ramadan.

Selama bulan Ramadan, menjaga kondisi kulit untuk tetap terlihat cerah dan sehat merupakan suatu hal yang sangat penting. Agar kulit tetap terlihat cerah, tetap cantik dan selalu tampil bugar selama berpuasa, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Minum lebih banyak air

Sekalipun sedang berpuasa, sebaiknya tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Minum air minimal 8 gelas per hari, dan minumlah kapanpun Anda sempat, saat sedang tidak berpuasa – ketika berbuka, saat malam hari ataupun ketika sahur. Namun, hindari minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein. Pasalnya, soda dan kafein akan menyerap kandungan mineral tubuh dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi penting.

  • Perbanyak buah dan sayuran segar

Diet seimbang yang kaya akan serat dan antioksidan akan membantu menjaga kulit tetap sehat dan metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Perbanyak konsumsi buah yang kaya akan air dan serat, seperti buah semangka, nanas, pepaya, atau mangga. Pasalnya, selain membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, buah-buahan tersebut juga akan bertahan lebih lama di saluran pencernaan, sehingga dapat mengurangi rasa lapar dan haus ketika berpuasa. Selain itu, kandungan antioksidannya juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Buah dan sayuran tersebut dapat Anda konsumsi secara langsung atau dalam bentuk jus tanpa tambahan gula.

  • Konsumsi asupan makanan yang bervariasi

Berpuasa sering kali membuat kita berpikir bahwa kulit akan menjadi kusam karena tubuh kehilangan vitamin dan mineral penting. Namun Anda tidak perlu khawatir. Pastikan diri Anda mengonsumsi nutrisi yang baik pada malam dan dini hari, saat sedang tidak berpuasa. Jangan batasi variasi makanan Anda, karena nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan kulit, kuku, dan rambut juga sangat bervariasi. Jadi, selama Anda dapat menjaga pola makan yang baik di bulan yang suci ini, maka kulit Anda akan tetap terjaga kesehatannya.

  • Jangan mencuci wajah terlalu sering

Semakin sering mencuci wajah, maka risiko kulit dehidrasi dan iritasi akan semakin meningkat. Bila Anda ingin mencuci wajah, sebaiknya Anda selalu menggunakan sabun pembersih berpelembap agar kulit senantiasa lembut dan tidak teriritasi.

  • Gunakan pelembap segera setelah mandi dan tabir surya di pagi dan siang hari

Berpuasa dapat menyebabkan tubuh dan kulit menjadi dehidrasi. Untuk menjaga hidrasi kulit dari dalam, Anda harus banyak minum air putih ketika sedang tidak puasa (malam hari). Untuk menjaga hidrasi kulit dari luar, Anda dapat menggunakan pelembap. Segera setelah mandi merupakan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pelembap karena keadaan pori-pori masih terbuka sehingga penyerapan pelembap akan lebih baik. Bila diperlukan, frekuensi penggunaan pelembap dapat dilakukan lebih sering. Ingatlah untuk memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Di samping itu, jangan lupa juga untuk tetap menggunakan tabir surya agar kulit Anda terlindungi dari efek negatif sinar matahari.

  • Berolahraga secara teratur

Berpuasa bukan berarti tidak berolahraga. Rutinitas olahraga tetap harus Anda lakukan. Olahraga akan memastikan metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. Namun mungkin perlu dilakukan penyesuaian waktu saja agar aktivitas olahraga tidak mengganggu ibadah berpuasa. Jalan-jalan ringan selama kurang lebih 30 menit sehari akan memastikan metabolisme tubuh baik, tubuh terasa bugar, dan kulit terlihat segar.

Apabila diperlukan, Anda dapat membawa cairan spray penyegar wajah di dalam tas Anda. Semprotkan cairan ini setiap kali dibutuhkan untuk menjaga kesegaran kulit Anda, sekaligus memberikan rasa segar bagi tubuh Anda.