5 Tip Efektif Atasi Biang Keringat

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 10 Agu 2016, 14:09 WIB
Biang keringat merupakan keluhan yang biasanya mengganggu kenyamanan penderitanya. Nah, bagi Anda yang ingin mengatasi biang keringat, berikut 5 tip efektif dari dr. Melyawati Hermawan Sp,KK.
5 Tip Efektif Atasi Biang Keringat

Apakah Anda atau anak Anda sering terganggu oleh keberadaan biang keringat? Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, biang keringat biasanya tidak memerlukan terapi khusus, karena kebanyakan biang keringat tidak bergejala dan dapat hilang dengan sendirinya.

Pada prinsipnya, penanganan utama biang keringat adalah dengan menjaga suhu dan kelembapan agar Anda tidak sering berkeringat. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Perhatikan bahan dan jenis pakaian

Jangan gunakan pakaian dengan bahan yang terlalu ketat atau yang tidak menyerap keringat. Pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat akan menyebabkan suhu tubuh meningkat, sehingga merangsang produksi keringat. Jadi, pilihlah pakaian longgar yang nyaman dan terbuat dari bahan katun.

2. Pindah ke ruangan yang lebih dingin dan dengan ventilasi yang baik

Ruangan tertutup tanpa ventilasi akan mempermudah tubuh Anda untuk berkeringat. Sebaiknya ruangan memiliki ventilasi yang baik atau bila memungkinan dapat menggunakan pendingin udara.

3. Batasi aktivitas  yang menguras keringat sementara waktu

Sebaiknya hindari dahulu aktivitas yang dapat menyebabkan keringat berlebih agar biang keringat tidak bertambah parah.

4. Mandi secara teratur dengan air dingin

Mandilah dua kali sehari. Bila Anda jarang mandi, keringat beserta kotoran dapat menumpuk di permukaan kulit dan risiko terjadinya sumbatan di saluran kelenjar keringat menjadi meningkat. Selain itu, biasakan untuk menggunakan air yang tidak panas, karena air yang terlalu panas akan merangsang pembuluh darah untuk melebar sehingga perpirasi meningkat.

5. Menggunakan obat oles

Anda dapat menggunakan produk bebas yang mengandung bahan untuk mendinginkan kulit, contohnya calamine. Hindari penggunaan krim yang terlalu lengket, karena justru dapat memperparah sumbatan dan membuat keringat bertambah banyak. Atau bila diperlukan, dokter Anda dapat menambahkan obat-obatan antiradang untuk membantu mengurangi gejala.