6 Kondisi yang Memicu Timbulnya Biang Keringat

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 10 Agu 2016, 14:04 WIB
Sebagian besar keluhan biang keringat tidak memerlukan terapi dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun bagi Anda yang tidak ingin memiliki biang keringat, sebaiknya hindarilah 6 kondisi ini.
6 Kondisi yang Memicu Timbulnya Biang Keringat

Biang keringat adalah ruam kemerahan yang terkadang disertai dengan lenting berair atapun bintil merah kecil. Biang keringat biasanya ditemukan di area tubuh yang tertutup.

Biang keringat dapat menimbulkan rasa gatal, namun bisa juga tidak memberikan keluhan apapun. Kelainan ini disebabkan oleh gangguan pada saluran kelenjar keringat, di mana terjadi sumbatan yang menyebabkan sekresi keringat tidak keluar ke permukaan kulit tetapi merembes ke dalam kulit.

Beberapa kondisi yang dapat memicu timbulnya biang keringat, antara lain:

  1. Lingkungan

Salah satu faktor pemicu biang keringat adalah lingkungan panas dan lembap, yang membuat produksi keringat menjadi berlebih dan berpotensi memicu timbulnya biang keringat.

  1. Kelenjar keringat yang belum terbentuk sempurna

Biang keringat paling sering ditemukan pada bayi karena memang kelenjar keringatnya belum terbentuk dengan sempurna.

  1. Pakaian yang terlalu tertutup

Bayi sering kali diberikan pakaian tertutup guna menjaga tubuhnya agar tetap hangat. Tanpa disadari, hal ini justru akan mempermudah terjadinya biang keringat. Hal yang sama juga dapat terjadi pada anak yang lebih besar, bahkan orang dewasa sekalipun.

  1. Melakukan aktivitas tertentu

Olahraga dan pekerjaan tertentu yang memerlukan aktivitas fisik berat dapat menyebabkan keluarnya banyak keringat, sehingga berpotensi menimbulkan biang keringat.

  1. Berbaring terlalu lama

Bagi Anda yang berbaring terlalu lama, apalagi tidak mengganti pakaian dan dalam kondisi ruangan yang lembap, maka biang keringat mungkin saja muncul di bagian tertentu tubuh Anda.

  1. Infeksi bakteri

Biang keringat juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada kondisi ini, biang keringat biasanya berisi nanah, berwarna putih kekuningan dan disebut sebagai miliaria pustulosa.

Walaupun banyak kondisi yang dapat memicu timbulnya biang keringat, sebagian besar keluhan yang muncul tidak memerlukan terapi dan dapat hilang dengan sendirinya.

Namun bila keluhan cukup berat, segeralah bawa diri Anda ke dokter. Pasalnya, walaupun biang keringat cenderung tidak berbahaya, rasa tidak nyaman yang mungkin saja timbul dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.