Tips Perawatan Kulit untuk Setiap Tahapan Usia

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 19 Agu 2016, 08:43 WIB
Perawatan kulit harus disesuaikan dengan setiap tahapan usia. Bagi Anda yang masih bingung, berikut tips perawatan kulit untuk setiap tahapan usia dari dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK.
Tips Perawatan Kulit untuk Setiap Tahapan Usia

Seiring dengan pertambahan usia, banyak perubahan yang terjadi pada organ tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit yang dibutuhkan di masing-masing tahapan usia juga berbeda, mengingat adanya perbedaan kondisi atau permasalahan kulit yang mendasari.

Berikut ini cara merawat kulit untuk setiap tahapan usia:

Bayi dan anak-anak

Terkadang, pada tahapan ini dapat terlihat adanya kelainan kulit bawaan, seperti tanda lahir berwarna kebiruan/kemerahan atau tahi lalat, yang sama sekali tidak mengganggu fungsi kulit, namun mengganggu secara estetika.

Dengan berkembangnya ilmu dan tekonologi kedokteran, kelainan ini relatif dapat dihilangkan dengan mudah.

Kulit bayi dan anak-anak biasanya masih sangat halus. Tidak perlu perawatan khusus. Cukup mandi menggunakan air dengan suhu biasa atau suam kuku, dan menggunakan sabun lembut yang memang diperuntukkan untuk kulit bayi dan anak-anak. Bila kulit cenderung kering (biasanya karena ada faktor bawaan atau genetik) dapat digunakan sabun berpelembap. Selain itu, aplikasikan juga pelembap khusus bayi dan anak agar kulit tetap lembut dan tidak mudah gatal.

Tidak ada aturan khusus dalam memilih produk perawatan kulit untuk bayi dan anak. Namun biasanya dianjurkan untuk memilih produk yang tidak memiliki busa terlalu banyak dan wangi yang terlalu menyengat agar kulit tidak mudah iritasi.

Remaja

Seperti yang diketahui, di usia ini masalah yang sering muncul adalah jerawat. Pada usia ini, faktor hormonal mulai berperan. Akibatnya, kulit cenderung berminyak dan terjadi retensi sel kulit mati di permukaan kulit.

Sel kulit mati yang menumpuk bersama dengan kotoran, debu, dan sisa kosmetik akan menyumbat pori-pori sehingga minyak tidak dapat keluar ke permukaan kulit dan menimbulkan komedo, bahkan jerawat meradang.

Karenanya, pada tahapan ini perawatan kulit lebih ditujukan untuk mengurangi minyak berlebih dan sumbatan di permukaan kulit. Penggunaan sabun pencuci wajah khusus untuk kulit berminyak atau berjerawat sebanyak 2 hingga 3 kali sehari (tergantung kebutuhan kulit) akan sangat membantu mengurangi jerawat.

Namun perlu diperhatikan untuk tidak mencuci wajah terlalu sering, karena justru akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah atau bahkan memperparah jerawat. Bila dibutuhkan, kunjungilah dokter. Dokter biasanya akan menambahkan krim perawatan yang fungsinya merangsang regenerasi kulit sehingga tumpukan sel kulit mati dapat berkurang dan risiko jerawat akan menurun.

Untuk perawatan kulit tubuh dapat dilakukan seperti biasa, yakni dengan mandi 1-2 kali sehari (tergantung kebutuhan) dengan menggunakan sabun lembut. Bila dirasa perlu, di tahapan usia ini juga bisa mulai menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap dan mengaplikasikan pelembap segera setelah mandi, mengingat seringnya paparan terhadap pendingin udara (AC), yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Dewasa muda sampai lanjut usia

Pada tahap usia ini, biasanya jerawat sudah mulai mereda, walaupun tidak menutup kemungkinan pada beberapa orang jerawat masih berlanjut. Pada usia ini, masalah kulit yang perlu diwaspadai adalah munculnya flek hitam atau cokelat pada wajah, warna kulit tidak merata, dan juga keriput pada bagian wajah tertentu.

Selain mencuci wajah dengan sabun pembersih dan pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit, perawatan kulit wajah juga harus dilakukan, terutama difokuskan pada penggunaan krim perawatan malam hari untuk meratakan warna kulit yang tidak merata, menghilangkan pigmentasi, menghaluskan tekstur kulit, menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.

Selain itu, penggunaan krim pagi juga tidak kalah pentingnya. Biasanya, di pagi dan siang hari akan diberikan krim perawatan yang mengandung tabir surya untuk menangkal efek tidak baik dari sinar matahari.

Di samping perawatan rutin sehari-hari, dapat juga dilakukan perawatan tambahan, seperti peeling, untuk membantu merangsang regenerasi sel kulit sehingga kulit lebih halus dan tetap bercahaya.

Untuk kulit tubuh, karena penurunan produksi kelenjar minyak seiring dengan pertambahan usia, sebaiknya pilihlah jenis sabun yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya. Di samping itu, jangan lupa pula untuk mengaplikasikan pelembap segera setelah mandi agar kulit tidak mudah kering dan berkeriput.

Ingatlah, perawatan kulit yang baik adalah investasi jangka panjang. Semakin awal dimulai, maka akan semakin baik hasilnya. Jadi sebaiknya, jangan tunda lagi perawatan kulit Anda, berapa pun usia Anda.