Efek Negatif Lembur pada Kesehatan Kulit

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 20 Sep 2016, 00:00 WIB
Tahukah Anda bahwa kebiasaan lembur akan berdampak kurang baik bagi kesehatan kulit?
Efek Negatif Lembur pada Kesehatan Kulit

Pekerjaan menumpuk kerap membuat Anda terpaksa lembur. Bahkan istilah yang satu ini seakan menjadi bagian hidup para pekerja saat ini. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan lembur berdampak kurang baik bagi kesehatan kulit?

Lembur dapat menyebabkan stres psikologis atau mental. Stres psikologis akan memicu keluarnya beberapa hormon –seperti horomon kortisol dan epinefrin– sebagai proses adaptasi tubuh. Proses adaptasi terhadap stres ini sering kali tidak berjalan dengan baik, sehingga pada beberapa kasus dapat mencetuskan kondisi medis lain –seperti; sakit kepala atau migrain. Lalu, bagaimana efek negatif lembur bagi kesehatan kulit?

Kulit merupakan salah satu organ yang tidak lepas dari dampak stres. Sebagai organ terluas dan terluar di tubuh, kulit paling banyak berkontak dengan dunia luar sehingga rentan terpapar dengan iritan. Pada kondisi normal, kulit akan melindungi tubuh dengan menjaga kelembapannya supaya tidak mudah iritasi. Sedangkan kondisi stres yang terus-menerus akibat lembur akan membuat tubuh secara konstan menghasilkan hormon kortisol. Nah, hormon kortisol berperan pada terjadinya peningkatan berat badan, tekanan darah dan hal lainnya. Pada kulit, kortisol berkontribusi pada terjadinya degradasi kolagen yang menyebabkan kulit menjadi lebih cepat keriput, kendur, dan kusam.

Di samping itu, stres akibat lembur juga dapat menurunkan pembentukan pelembap alami kulit –seperti ceramide dan pyrrolidone carboxylic acid. Padahal, pelembap alami kulit sangat penting dalam mempertahankan kelembapan kulit agar tidak cepat terjadi penuaan. Stres akibat lembur pun dapat menyebabkan peningkatan transepidermal water loss, sehingga kulit menjadi lebih cepat kering. Kulit yang kering akan lebih mudah mengalami iritasi dan timbul kerutan. Ini juga berhubungan erat dengan kondisi kulit wajah yang terlihat cepat tua.

Kami tahu bahwa dedikasi terhadap pekerjaan adalah hal yang penting. Namun jangan sampai melupakan waktu untuk beristirahat. Istirahat yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit Anda. Tentu Anda tidak ingin terlihat cepat tua –apalagi akibat lembur, bukan?

(NB/RH)