3 Kesalahan dalam Mencuci Wajah

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 20 Sep 2016, 00:00 WIB
Tanpa disadari, masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam mencuci wajah. Anda salah satunya?
3 Kesalahan dalam Mencuci Wajah

Mencuci wajah. Banyak orang yang mengangap kegiatan ini sebagai hal yang sepele, sehingga tanpa disadari mereka kerap membuat kesahalan dalam melakukannya. Padahal, kesalahan mencuci wajah yang dilakukan setiap hari dapat membahayakan kulit wajah itu sendiri, lho!

Beberapa kesalahan dalam mencuci wajah, antara lain:

  1. Menggunakan Pembersih yang Tidak Tepat

Kebanyakan orang menyukai sensasi kesat yang dirasakan setelah mencuci wajah. Ini bisa menjadi pertanda bahwa pembersih yang Anda gunakan terlalu ‘keras’ untuk kulit wajah. Pembersih tersebut biasanya mengandung bahan yang menyapu bersih kotoran di wajah –termasuk minyak alami yang terdapat di kulit. Padahal, minyak alami kulit dibutuhkan untuk menjaga kelembapan alami kulit sekaligus berfungsi sebagai salah satu komponen pelindung kulit dari paparan dunia luar.

Para pakar kesehatan kulit menyarankan untuk mencuci wajah menggunakan pembersih lembut. Pembersih sebaiknya tidak terlalu banyak mengandung detergen –ditandai dengan busa yang tidak banyak. Kandungan pelembap dan bebas dari bahan iritan -seperti alkohol dan pewangi– juga perlu diperhatikan.

  1. Semakin Berminyak, Semakin Sering Dicuci

Mereka yang memiliki wajah berminyak umumnya merasa risih dengan kondisi kulit wajah yang mengkilap. Karenanya, tak jarang mereka mencuci wajah sesering mungkin dengan tujuan mengurangi minyak di wajah. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya; produksi minyak di wajah justru meningkat.

Mencuci wajah memang akan mengurangi minyak di wajah. Namun kulit wajah yang menjadi lebih kering menjadi pertanda bagi kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi. Oleh karena itu, para pakar menyarankan untuk mencuci wajah hanya sebanyak dua hingga tiga kali sehari, tergantung jenis kulit dan aktivitas yang Anda lakukan.

  1. Tidak Melakukan Double Cleansing

Jika Anda menggunakan kosmetik atau melakukan aktivitas yang membuat kulit wajah sangat kotor dan berkeringat, Anda perlu mencuci wajah dalam dua tahap (double cleansing). Mulailah dengan menggunakan susu pembersih terlebih dahulu. Setelah itu, cuci kembali wajah Anda dengan pembersih wajah yang bertekstur cair/gel/foam. Atau, Anda dapat mencoba menggunakan micellar water setelah mencuci wajah dengan pembersih wajah konvensional yang bertekstur cair/gel/foam.

Mencuci wajah dalam dua tahap akan mengangkat kosmetik dan kotoran dengan maksimal. Hasilnya kulit Anda terbebas dari komedo, jerawat, dan tidak kusam.

Apakah Anda termasuk yang melakukan kesalahan mencuci wajah seperti di atas? Jika ya, segera perbaiki dan dapatkan kulit wajah yang sehat, cantik, dan mulus!

(NB/RH)