Benarkah Tulang yang Rapuh Tidak Bisa Normal Kembali?

Oleh dr. Irma Rismayanty pada 13 Okt 2016, 11:00 WIB
Banyak yang berpendapat bahwa kondisi tulang yang rapuh akibat osteoporosis tidak bisa kembali seperti semula.
Benarkah Tulang yang Rapuh Tidak Bisa Normal Kembali?

Tulang yang rapuh akibat osteoporosis dapat membuat kualitas hidup penderitanya menurun. Meskipun berbagai cara sudah dilakukan, namun penyakit osteoporosis masih tetap saja menggerogoti tulang. Akibatnya banyak yang berpendapat bahwa kondisi tulang yang rapuh akibat osteoporosis tidak bisa kembali seperti semula.

Dokter Felicia Cosman, direktur medis National Osteoporosis Foundation, menyatakan bahwa tulang yang rapuh akibat osteoporosis memang tidak dapat kembali seperti semula. Namun penderita bisa meningkatkan massa densitas tulang agar kejadian patah tulang akibat osteoporosis bisa dicegah.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan penderita osteoporosis agar tulang yang rapuh tidak semakin rapuh, yakni:

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian

Asupan nutrisi dari sumber makanan yang mengandung kalsium, vitamin D dan protein menjadi kunci utama untuk kesehatan tulang agar tulang yang rapuh akibat osteoporosis tidak mudah patah. Jika tidak dapat memastikan sumber nutrisi pada makanan yang dikonsumsi, penderita dapat menggunakan suplemen.Nutrisi yang direkomendasikan adalah 1.000 mg kalsium dan 800 IU vitamin D per hari jika penderita memasuki usia 50 tahun. Sedangkan bagi orang dewasa, asupan nutrisi yang dianjurkan menurut Institute of Medicine adalah antara 600-800 IU vitamin D dan 1000-1300 mg kalsium per hari.

  1. Konsumsi obat-obatan

Jika Anda memiliki tulang yang rapuh akibat osteoporosis, terdapat berbagai jenis obat dengan berbagai macam cara kerja. Obat yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi tulang yang rapuh akibat osteoporosis antara lain: Bisphosphonates, Calcitonin, selective estrogen receptor modulators (SERMS), hormon paratiroid, prolia dan terapi hormon estrogen. Namun semua obat di atas hanya bisa didapat dengan resep dokter.

  1. Berolahraga secara rutin dan teratur

Berolahragalah secara rutin dan teratur. Lakukan weight bearing exercise sederhana –seperti berjalan kaki atau jogging. Atau, berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

  1. Hindari rokok

Jika Anda adalah seorang perokok, hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga. Ini karena merokok dapat merapuhkan tulang Anda.

Ingat, tulang yang rapuh akibat osteoporosis tidak dapat 100% kembali seperti semula. Namun beberapa tip di atas mampu menjaga massa densitas tulang tetap normal guna mencegah terjadinya patah tulang dikemudian hari.

(NB)

Baca Juga: