Awas, Terlalu Lama Duduk Sebabkan Osteoporosis!

Oleh dr. Irma Rismayanty pada 28 Okt 2016, 12:00 WIB
Tahukah Anda bahwa terlalu lama duduk bisa menyebabkan osteoporosis? Cari tahu selengkapnya di sini.
Awas, Terlalu Lama Duduk Sebabkan Osteoporosis!

Pekerjaan kerap menyita waktu untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Bahkan kegiatan ini juga kerap membuat seseorang untuk duduk dalam durasi yang cukup lama. Tak jarang, orang yang demikian akan merasakan pegal pada kaki, punggung, pinggul, tangan dan matanya. Selain itu, tahukah Anda bahwa terlalu lama duduk juga bisa menyebabkan osteoporosis?

Menurut Badan Kesehatan Dunia, osteoporosis adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas kepadatan massa tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh. Penyakit ini juga meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Osteoporosis disebabkan oleh banyak hal –seperti kurangnya asupan kalsium dan vitamin D, faktor keturunan, aktivitas fisik dan lainnya. Lantas, mengapa duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko osteoporosis?

Perlu diketahui, berolahraga atau bergerak aktif dapat membuat tulang menjadi kuatdanakan meningkatkan massa tulang Anda. Nah, selama bekerja, kemungkinan untuk bergerak aktif tergolong kecil atau bahkan tidak mungkin. Hal ini akan turut memengaruhi kualitas tulang Anda. Sehingga osteoporosis akan semakin mudah terjadi.

Jadi, jika Anda merasa memiliki kebiasaan duduk terlalu lama, sebaiknya ubahlah kebiasaan tersebut sejak dini.  Karena osteoporosis bisa terjadi kapan pun tanpa Anda sadari. Sebagai gantinya, lakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin dan teratur. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menerapkan pola hidup yang sehat. Dengan demikian, tubuh Anda akan sehat dan terhindar dari risiko osteoporosis di kemudian hari.

(NB/RH)

?Baca Juga: