Libido Menurun, Jangan-Jangan Anemia?

Oleh dr. Dina Kusumawardhani pada 07 Nov 2016, 11:45 WIB
Anemia sering dituding sebagai penyakit yang dapat menurunkan libido atau dorongan seksual penderitanya. Benarkah?
Libido Menurun, Jangan-Jangan Anemia?

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah (eritrosit) atau hemoglobin. Kondisi ini dituding dapat menyebabkan dorongan seksual atau libido penderitanya menurun sangat drastis. Benarkah?

Secara umum, libido atau dorongan seksual berhubungan erat dengan gaya hidup, kualitas hubungan, obat-obatan, penyakit medis, dan kadar hormon. Libido tidak memiliki kadar normal, karena kondisi ini berbeda-beda pada tiap orang. Meskipun tidak akan menimbulkan kematian, namun kondisi ini dapat mengganggu kualitas hidup dan menyebabkan gangguan emosional.

Menurunnya libido memang dapat dipengaruhi oleh anemia. Ini Sebab anemia menyebabkan penurunan kadar hemoglobin atau sel darah merah (eritrosit). Akibatnya terjadi gangguan transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Selanjutnya muncul keluhan mudah lelah, lemas, pucat, dan sulit berkonsentrasi.

Pada kondisi anemia yang berat, keluhan jantung berdebar-debar, sesak napas, sampai penurunan kesadaran bisa saja terjadi. Nah, keluhan-keluhan akibat anemia tersebutlah yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami penurunan libido.

Menurunnya libido akibat anemia lebih sering terjadi wanita. Kondisi ini berhubungan dengan anemia defisiensi besi yang lebih sering menyerang wanita. Meskipun demikian, pria juga tidak luput dari incarannya. Bahkan sickle cell anemia dapat menyebabkan keluhan ereksi berkepanjangan yang menimbulkan rasa nyeri. Disebut juga dengan priapismus, di mana kondisi ini dapat merusak jaringan dalam penis dan akhirnya mengganggu kemampuan ereksi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan penderita anemia agar terhindar dari penurunan libido. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatasi anemia. Pengobatan yang dapat dilakukan perlu disesuaikan dengan jenis anemia yang terjadi. Misalnya pada anemia defisiensi besi, Anda harus mengonsumsi makanan kaya akan zat besi –seperti daging, ayam, ikan, kerang, dan sayuran hijau. Anda pun dapat menambahkan suplemen zat besi jika diperlukan.

Dengan demikian, jika muncul keluhan mudah lelah disertai menurunnya hasrat seksual, sebaiknya periksakan ke dokter untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut. Jangan biarkan anemia mengganggu kualitas hubungan Anda dengan pasangan.

(NB/RH)

Baca Juga: