Inilah Penyakit yang Bergejala seperti Mag

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 09 Nov 2016, 15:20 WIB
Tahukah Anda bahwa nyeri ulu hati, kembung dan mual muntah tidak melulu akibat mag? Cari tahu selengkapnya di sini.
Inilah Penyakit yang Bergejala seperti Mag

Tak sedikit orang yang langsung mengidentikkan rasa nyeri ulu hati, kembung, dan mual muntah sebagai gejala mag. Padahal gejala-gejala tersebut tidak melulu akibat mag, lho.

Pernahkah Anda mendengar penyakit tukak lambung dan Gastro-Esofageal Reflux Disease (GERD)? Tukak lambung dan GERD adalah beberapa penyakit yang memiliki gejala mirip dengan mag. Berikut beberapa perbedaannya:

  • Mag

Gejala umum mag meliputi; kembung, mual, muntah, dan rasa begah. Setiap tahunnya, sebanyak 26% populasi orang dewasa mengeluhkan gejala mag, dan 10%-nya merasakan nyeri ulu hati setiap hari. Orang dengan gejala di atas yang tidak memiliki penyakit lain akan di diagnosis dengan penyakit mag.

  • Tukak Lambung

Tukak lambung atau peptic ulcer adalah luka pada dinding lambung akibat iritasi/radang yang umumnya diakibatkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Infeksi ini terjadi karena adanya gangguan kondisi dinding lambung akibat penggunaan jangka panjang obat-obatan tertentu, serta faktor lain –seperti; merokok dan konsumsi alkohol. Gejala tukak lambung biasanya memburuk dengan konsumsi makanan atau susu.

  • Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD)

GERD biasa disebut sebagai ‘penyakit asam lambung’. Selain bergejala mirip dengan mag, penderita GERD umumnya juga mengalami nyeri seperti terbakar di ulu hati, suara serak, dan rasa pahit di mulut. GERD merupakan naiknya asam dari lambung ke esofagus karena produksinya yang meningkat dan gangguan pada otot esofagus. GERD biasanya dipicu akibat mengonsumsi makanan berlemak dan kebiasaan tidur setelah makan.

Di atas adalah beberapa penyakit yang memiliki gejala seperti mag. Kenali tubuh Anda, agar dapat merawatnya dengan tepat.

(NB/RH)