Kiat Memilih Sabun Mandi yang Tepat

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 10 Nov 2016, 15:10 WIB
Meskipun terlihat sepele, tahukah Anda bahwa sabun tidak boleh dipilih secara sembarangan?
Kiat Memilih Sabun Mandi yang Tepat

Sabun adalah benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kelihatannya memang sepele, tapi bukan berarti Anda boleh memilih sabun dengan sembarangan.

Secara sederhana, sabun bermanfaat untuk membersihkan permukaan kulit dari kotoran, polutan, minyak, ataupun sel kulit mati. Masalahnya, benda ini biasanya mengandung surfaktan atau detergen, yang berpotensi menghilangkan pelembap alamiah kulit.

Jika terus-menerus bersentuhan dengan detergen, kulit akan menjadi kusam, kering, dan teraba kasar. Bahkan, bukan tidak mungkin kulit Anda akan mengalami peradangan.

Jika Anda ingin terhindar dari hal tersebut, perhatikan ini saat memilih sabun:

  • Tipe kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya pilih sabun dengan kandungan pelembap di dalamnya. Tujuannya untuk membantu mempertahankan kelembapan alami kulit. Sedangkan bagi yang tidak bermasalah dengan kondisi kulit, Anda dapat lebih leluasa memiliih sabun yang disukai.

  • Aktivitas

Selain tipe kulit, aktivitas sehari-hari juga patut Anda perhatikan. Sering beraktivitas di ruangan berpendingin udara dan mandi air hangat, dapat menyebabkan kulit kering. Jenis sabun yang mengandung pelembap adalah pilihan yang tepat untuk menyiasati hal tersebut.

  • Biaya

Biaya juga turut menjadi pertimbangan dalam memilih jenis sabun yang tepat. Ingat, harga belum tentu sesuai dengan kualitas. Pilihlah jenis sabun yang sesuai dengan kondisi ekonomi Anda. Tidak perlu mahal, namun berkualitas.

Selain ketiga hal di atas, sebaiknya perhatikan juga tekstur sabun yang hendak Anda beli. Sabun yang disarankan biasanya memiliki tekstur yang creamy, karena memiliki kandungan pelembap di dalamnya.

Hal lain adalah menghindari sabun yang memiliki kandungan detergen di dalamnya. Ini dapat diketahui dengan jumlah busa yang relatif sedikit. Kulit yang terasa kering dan kesat usai mandi, juga menandakan adanya kandungan detergen pada sabun.

Rasa kering dan kesat bukanlah jaminan kulit bersih dan sehat. Bahkan ini merupakan pertanda kulit yang kehilangan kelembapannya. Anda tak menginginkannya, kan?

Kunci utama dalam mencari sabun terbaik adalah dengan mencoba berbagai jenis yang berbeda. Sebab pada dasarnya, kondisi kulit setiap individu tidak sama. Nah, sambil mencoba, Anda bisa mempraktikkan apa yang sudah dijelaskan di atas.

Selamat mencoba!

(NB/RH)

Baca Juga: