Tip Memilih Sabun untuk Kulit Berjerawat

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 10 Nov 2016, 15:25 WIB
Sabun pembersih wajah yang salah bisa menyebabkan jerawat semakin gawat. Jangan salah pilih! Simak tipnya di sini.
Tip Memilih Sabun untuk Kulit Berjerawat

Mencuci wajah sering dianggap sepele. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak terlalu memerhatikan jenis sabun pencuci wajah yang dipilih.

Mulailah menghentikan kebiasaan tersebut. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kulit berjerawat. Ada banyak alasan mengapa hal ini penting.

Sabun pembersih wajah umumnya memiliki surfaktan yang berguna untuk menembus tegangan permukaan kulit. Dengan demikian, sabun tersebut dapat menyerap kotoran dan minyak –yang kemudian akan hilang ketika Anda membilasnya.

Masalahnya, selain menghilangkan kotoran dan minyak penyebab jerawat, surfaktan juga menghilangkan pelembap alami kulit dan membuat kulit menjadi kering. Jika terjadi secara terus-menerus, kulit dapat teriritasi atau terjadi peradangan.

Sabun pembersih wajah yang ideal harus dapat mengurangi minyak dari permukaan kulit. Tapi bukan berarti membuat kulit jadi terlalu kering. Berikut beberapa tip yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sabun untuk kulit berjerawat:

  • Perhatikan label

Perhatikan label sabun pencuci wajah yang hendak Anda beli. Cari sabun khusus dengan label ‘oil control’, ‘untuk kulit berminyak’ atau ‘non-comedogenic’.

  • Perhatikan tekstur sabun

Pilihlah sabun dengan tekstur lembut. Sabun dengan tekstur foam biasanya akan membuat kulit berjerawat lebih nyaman.

  • Perhatikan kandungan sabun

Bila kulit sangat berjerawat, Anda dapat memilih sabun dengan kandungan benzoil peroksida, tea tree oil, atau asam salisilat untuk membunuh bakteri dan mengurangi minyak.

  • Perhatikan kondisi lainnya

Anda sedang menggunakan krim perawatan dari dokter? Di awal pengobatan biasanya kulit dapat mengalami iritasi –bersisik, gatal, serta kemerahan. Sebaiknya gunakan sabun lembut yang mengandung pelembap sementara waktu. Ini agar kulit lebih nyaman di awal-awal pengobatan. Namun tentu saja, hal ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Selain tip di atas, jangan lupa untuk membatasi frekuensi mencuci wajah. Sekalipun wajah Anda berminyak atau berjerawat, sebaiknya mencuci wajah dibatasi, paling tidak 3 kali dalam sehari.

Jika kulit Anda berjerawat sebaiknya hindari untuk sembarang memilih sabun. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit, agar dapat mengetahui jenis sabun yang sesuai untuk kondisi kulit berjerawat Anda.

(NB/RH)

Baca Juga: