5 Cara Praktis Menjaga Kesehatan Sendi

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 24 Nov 2016, 14:15 WIB
Ingin punya sendi yang sehat? Ini 5 cara praktis yang harus Anda lakukan.
5 Cara Praktis Menjaga Kesehatan Sendi

Sendi yang sehat merupakan impian setiap orang. Bayangkan jika Anda mengalami nyeri sendi, aktivitas sehari-hari pasti akan menjadi sangat terganggu.

Apalagi jika pekerjaan menuntut Anda untuk bergerak aktif. Lantas, apa yang harus dilakukan agar sendi tetap sehat? 

Secara umum, kesehatan sendi ditentukan oleh berbagai komponen–seperti tulang, tulang rawan, cairan sendi dan ligamen. Beberapa penyakit pada sendi yang sering timbul adalah osteoartritis (pengapuran sendi), arthritis gout (artritis asam urat), rheumatoid arthritis (penyakit rematik), dan septic arthritis (infeksi sendi).

Untuk menjaga kesehatan sendi, ini yang harus Anda lakukan:

  1. Menjaga berat badan

Tanpa disadari, berat badan berlebih dapat memberikan beban kepada sendi –terutama sendi pinggang dan lutut.Hal inimeningkatkan risiko terjadinya osteoartritis.

  1. Hindari cedera sendi saat berolahraga

Riwayat cedera sendi sebelumya adalah salah satu faktor risiko terjadinya penyakit sendi, seperti infeksi sendi dan osteoartritis. Oleh karena itu, lakukanpemanasan yang cukup sebelum olahraga.

SebaiknyaAndajuga memilih jenis olahraga dengan risiko cedera yang rendah. Hindari aktivitas ekstrem yang berisiko tinggi menyebabkan cedera sendi.

  1. Berhenti merokok

Merokok berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuhdan dapat menjadi salah satu faktor risiko penyakit sendi terutama rheumatoid arthritis. Untuk itu, selain bermanfaat terhadap kesehatan tubuh secara umum, berhenti merokok juga bermanfaat untuk kesehatan sendi Anda.

  1. Mengontrol kadar asam urat

Jumlah asam urat yang berlebih akan menumpuk pada sendi, sehingga dapat menyebabkan terjadi penyakit artritis asam urat. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kadar asam urat secara berkala dan mengontrol kadarnya.

  1. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh

Vitamin D dan kalsium adalah zat yang telah terbukti penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Selain itu, vitamin C dan glukosamin juga merupakan zat yang berperan penting untuk menjaga integritas sendi Anda.

Menjaga kesehatan sendi tidak sulit, bukan? Ingatlah bahwa segala usaha yang Anda lakukan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda dikemudian hari. Yuk, jaga kesehatan sendi, agar Anda dapat tetap bergerak aktif!

Baca Juga: