Menurunkan Berat Badan Bisa Cegah Nyeri Lutut?

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 24 Nov 2016, 14:35 WIB
Ada yang bilang bahwa menurunkan berat badan berhubungan erat dengan berkurangnya keluhan nyeri lutut. Benarkah ini?
Menurunkan Berat Badan Bisa Cegah Nyeri Lutut?

Menurunkan berat badan adalah cara terbaik untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Tapi bukan hanya penampilan Anda yang tampak lebih sempurna, kesehatan tubuh Anda pun akan lebih baik.

Beberapa orang yakin bahwa menurunkan berat badan dapat mengurangi keluhan nyeri lutut. Sendi lutut sering diibaratkan sebagai penyangga tubuh, karena sendi ini paling banyak menopang beban tubuh.

Nah, pada orang yang memiliki berat badan berlebih, sendi lutut akan bekerja ekstra untuk menahan berat badan. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka dapat terjadi pengapuran sendi yang berujung pada nyeri lutut.

Maka dari itu, menurunkan berat badan dapat mengurangi beban yang harus ditopang oleh sendi lutut. Otomatis rasa nyeri pada lutut pun akan berkurang.

Di samping itu, menurunkan berat badan pada orang yang mengalami nyeri lutut juga terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup sehari-hari. Ini karena menurunkan berat badan juga memengaruhi berbagai aspek kesehatan lainnyasecarapositif.

Menurunkan berat badan terbukti bermanfaat untuk mengurangi nyeri lutut, terutama jika Anda memiliki berat badan berlebih. Selain menjaga berat badan tetap ideal, menurunkan berat badan juga dapat mencegah timbulnya nyeri lutut di kemudian hari.

Jika melakukannya dengan benar, Anda dapat terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

(NB/RH)

Baca Juga: