Perhatikan Ini Sebelum Berolahraga

Oleh dr. Aldico Sapardan Sp.OT pada 08 Des 2016, 14:00 WIB
Olahraga adalah aktivitas terbaik untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis dan penyakit-penyakit lainnya. Namun tak jarang, kegiatan ini justru membuat orang yang melakukannya cedera.
Perhatikan Ini Sebelum Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas terbaik untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis dan penyakit-penyakit lainnya. Namun tak jarang, kegiatan ini justru membuat orang yang melakukannya cedera. Apa yang salah?

Otot memang dapat mengalami nyeri setelah berolahraga ataupun melakukan aktivitas yang berat. Kabar baiknya, semakin sering berolahraga, maka semakin kecil kemungkinan otot Anda mengalami nyeri pada minggu-minggu berikutnya.

Jika ingin memperkecil risiko cedera otot akibat berolahraga, ini yang perlu Anda lakukan:

  • Peregangan

Sebelum mulai berolahraga, lakukanlah peregangan terlebih dahulu. Tindakan ini sangat bermanfaat untuk menghindari cedera.

Peregangan atau stretching sebelum berolahraga dapat membuat otot menjadi tidak kaku, sehingga kemungkinan terjadinya cedera otot sangat kecil. Dalam melakukan pemanasan, hindari gerakan melompat yang berat dan aktivitas yang intens.

Tidak hanya sebelum berolahraga, peregangan juga harus dilakukan segera setelah berolahraga. Karena tindakan ini sangat bermanfaat mengurangi rasa pegal dan nyeri pada otot setelah berolahraga.

  • Minum air putih

Minum air putih bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Pasalnya, dehidrasi tidak hanya membuat Anda pusing atau lemas, tetapi juga dapat menyebabkan nyeri otot setelah berolahraga.

Kebutuhan air yang cukup saat berolahraga membantu meningkatkan oksigen dalam otot. Ini membuat Anda lebih berstamina, serta membantu recovery setelah Anda berolahraga.

  • Hindari olahraga yang terlalu berat

Sesuaikan jenis olahraga yang dipilih dengan kondisi tubuh Anda. Hindari jenis olahraga yang terlalu berat. Selain bertujuan untuk mencegah nyeri otot, tindakan ini juga bertujuan untuk mencegah cedera yang lebih parah.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mulai berolahraga, bukan? Ayo, mulai berolahraga agar tubuh dan tulang senantiasa terjaga kesehatannya.

(NB/RH)

Baca Juga: