5 Kesalahan Merawat Kulit yang Tidak Anda Sadari

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 20 Des 2016, 19:00 WIB
Kira-kira, kesalahan merawat kulit nomor berapa yang pernah Anda lakukan? Yuk, cari tahu di sini.
5 Kesalahan Merawat Kulit yang Tidak Anda Sadari

Kulit adalah bagian terluar tubuh, yang paling memengaruhi penampilan seseorang. Karena itu, hampir setiap orang saling berlomba-lomba merawat kulit agar dirinya lebih memesona. Namun sayangnya, tindakan ini kerap dilakukan dengan tidak tepat.

Inilah kesalahan-kesalahan yang umumnya dilakukan ketika merawat kulit:

  1. Membersihkan kulit dengan air yang terlalu panas

Semakin panas air, semakin banyak pula kuman yang mati. Faktanya, ini sama sekali tidak benar.

Air yang terlalu panas justru akan mengilangkan lebih banyak lapisan minyak pada kulit. Nah, hilangnya minyak tersebut akan menyebabkan kulit menjadi kering dan mengganggu regenerasi sel kulit.

Apa yang terjadi jika dilakukan terus-menerus? Lama-kelamaan kulit akan terlihat bersisik, kusam, dan kasar saat disentuh.

Mereka yang kulit wajahnya cenderung berjerawat atau berminyak juga tidak disarankan untuk mencuci wajah dengan air yang terlalu panas. Sebab dapat menyebabkan kulit semakin meradang dan munculnya jerawat-jerawat baru.

Karena itu, sebaiknya bersihkan kulit wajah Anda dengan air bersuhu ruangan. Bila perlu, mandilah dengan air bersuhu hangat –yang tidak melebihi suhu normal tubuh (36,5? C).

  1. Menggosok terlalu kuat

Mengosok kulit terlalu kuat dapat dapat membuat permukaan kulit menjadi kasar, atau bahkan iritasi dan terluka. Apalagi bila gosokan dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Prinsip kerja pembersih adalah dengan melarutkan kotoran, sehingga tidak perlu digosok terlalu kuat.

  1. Terlalu sering membersihkan tubuh

Selain melarutkan kotoran, pembersih atau sabun juga dapat menghilangkan lapisan minyak alami yang ada di permukaan kulit. Semakin sering kulit berkontak dengan pembersih, kulit akan semakin kering, kasar, dan iritasi karena kehilangan pelembap alaminya.

Karena itu, batasilah frekuensi membersihkan kulit. Lakukan 2-3 kali sehari atau sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari dan jenis kulit Anda.

  1. Tidak menggunakan pelembab setelah membersihkan kulit

Kulit perlu dijaga kelembapannya, agar dapat melakukan fungsinya dengan baik, tidak cepat keriput atau mudah iritasi. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, air dan pembersih yang digunakan dapat menghilangkan kandungan pelembap alami yang ada di kulit.

Jadi setelah membersihkan kulit sebaiknya langsung menggunakan pelembab. Tujuannya untuk menggantikan pelembab alami kulit yang mungkin hilang pada saat membersihkan kulit.

  1. Tidak rutin memakai tabir surya

Tidak semua orang menyadari efek buruk dari sinar matahari berlebih, terutama pada kulit. Sinar matahari adalah salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini.

Karena itu, sebaiknya gunakan tabir surya secara teratur setiap hari. Jangan lupa juga untuk mengoleskan kembali tabir surya tiap 2-4 jam bila memang aktivitas Anda banyak dilakukan di bawah sinar matahari.

Kira-kira, kesalahan merawat kulit nomor berapa yang pernah Anda lakukan? Mulai saat ini, yuk tinggalkan kebiasaan yang salah tersebut. Dengan demikian, kulit Anda dapat terus terjaga kesehatannya.

(NB/RH)

Baca Juga: