Pentingnya Merawat Kesehatan Kulit

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 20 Des 2016, 20:30 WIB
Kulit merupakan bagian terluar tubuh. Sejauh mana dan mengapa Anda perlu menjaga kesehatannya? Yuk, cari tahu di sini.
Pentingnya Merawat Kesehatan Kulit

Sebagai bagian terluar tubuh, kulit sangat mudah terlihat. Karena itu, sehat atau tidaknya bagian tubuh yang satu inipun mudah diketahui.

Hal tersebut cukup untuk menjadi alasan bagi seseorang agar merawat kulitnya. Apalagi jika orang tersebut benar-benar memerhatikan penampilan.

Namun, ada alasan lain yang mengharuskan seseorang perlu menyadari pentingnya merawat kulit. Bukan hanya bagi Anda yang perduli  pada penampilan saja, tapi juga mereka yang tidak peduli atau tidak memiliki waktu untuk merawat kulitnya.

Inilah alasan mengapa Anda perlu merawat kulit:

  • Kulit memiliki nilai estetis. Artinya, kulit yang sehat akan memberikan tampilan yang baik. Coba bayangkan jika kulit Anda tidak dirawat. Tentu Anda sendiri akan enggan melihatnya, bukan?
  • Sebagai bagian terluar tubuh, kulit memberikan perlindungan fisik dari sinar ultraviolet serta bahan kimia yang berbahaya.
  • Kulit juga memiliki fungsi antibodi, sehingga berperan dalam pertahanan imunitas tubuh dalam melawan benda asing atau mikroorganisme berbahaya.
  • Kulit mampu membuang racun atau zat yang tidak diperlukan tubuh melalui fungsi eksresi kelenjar keringat. Jika tidak dirawat, maka bukan tidak mungkin racun atau zat yang tidak diperlukan tubuh akan tertinggal di kulit dan menyebabkan hal yang tidak Anda inginkan.
  • Kelenjar dan pembuluh darah yang ada di kulit memungkinkan kulit untuk mengatur suhu tubuh. Dengan melakukan perawatan kulit, maka suhu tubuh Anda dapat terus terjaga dengan baik.
  • Berbagai reseptor dan saraf yang tersebar di seluruh permukaan kulit membuatnya menjadi salah satu organ (indra peraba) yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan kesehariannya.
  • Kulit mampu memfasilitasi pembentukan vitamin D, yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

Ternyata kulit memiliki fungsi yang cukup banyak dan istimewa sekali, bukan? Nah, agar bisa menjalankan fungsinya dengan optimal, kulit perlu dijaga kesehatannya. Karena itu, jangan abaikan kesehatan kulit Anda, dan mulailah merawatnya.

(NB/RH)

Baca Juga: