7 Tip Perawatan Kulit untuk Mencegah Penuaan Dini

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 21 Des 2016, 12:00 WIB
Ingin mencegah penuaan dini? Tidak perlu repot. Lakukan saja hal ini.
7 Tip Perawatan Kulit untuk Mencegah Penuaan Dini

Penuaan kulit adalah kondisi yang tidak diinginkan siapapun. Namun apa daya, faktor usia dan genetik –yang berperan dalam penuaan– tidak bisa diganggu gugat. Jangan khawatir, sebab ada faktor lain yang bisa Anda manipulasi agar tidak terjadi penuaan kulit dengan cepat.

Bertambahnya usia dan genetik  dikenal dengan sebutan faktor internal. Sedangkan faktor eksternal antara lain adalah paparan sinar matahari, polutan, dan pola hidup tidak sehat. 

Untuk faktor eksternal, Anda bisa memanipulasinya. Karena itu, jika tidak ingin mengalami penuaan dengan cepat, inilah yang harus Anda lakukan:

  1. Bersihkan kulit wajah secara teratur

Paparan debu, kotoran, dan berbagai zat polutan ataupun mikroorganisme dapat mencetuskan rangkaian kejadian pemicu peradangan. Pada akhirnya ini mempercepat penuaan.

Karena itu, biasakan untuk membersihkan wajah secara teratur, terutama setelah beraktivitas di luar rumah. Pastikan produk pembersih yang Anda gunakan bersifat lembut dan tidak mengandung detergen (tidak banyak busa).

Hindari juga menggosok kulit terlalu kuat. Sebab hal tersebut dapat memicu terjadinya iritasi. yang lambat laun akan mempercepat penuaan.

  1. Lindungi kulit dari sinar matahari

Sinar matahari akan membuat kulit lebih cepat menua. Kejadian ini dikenal dengan istilah photoaging.

Untuk menghindarinya, sebaiknya jauhi sinar matahari, terutama antara pukul 10-2 siang. Topi lebar dan pakaian dengan lengan panjang ataupun celana panjang dapat membantu membatasi paparan sinar matahari langsung ke permukaan kulit.

Tidak ada salahnya menggunakan kacamata hitam untuk mengurangi munculnya kerutan di sekitar mata. Jangan lupa, aplikasikan tabir surya secara rutin setiap pagi dan siang hari, ya.

  1. Gunakan pelembap setiap hari

Dengan bertambahnya usia, produksi kelenjar juga berkurang. Bersama dengan sinar matahari, radikal bebas, cuaca, dan faktor lingkungan lainnya, kulit akan menjadi mudah kering.

Kulit yang kering ini akan mempermudah munculnya garis-garis halus hingga keriput. Karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kelembapan kulit dengan rajin menggunakan pelembap.

Gunakan pelembab segera setelah mandi atau mencuci wajah untuk mengunci air, sekaligus mengganti pelembap alami kulit yang hilang. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap untuk bibir karena area yang satu ini juga tidak luput dari proses penuaan.

  1. Hindari rokok

Asap rokok menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan kasar. Selain itu, kontraksi otot wajah saat merokok juga mempermudah timbulnya garis-garis keriput di wajah, terutama area bibir. Jadi, hindari rokok sekarang juga. Jika Anda adalah perokok, hentikan kebiasaan ini sekarang juga!

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi yang bervariasi

Kandungan gizi yang dikonsumsi sehari-hari membantu menjaga kulit senantiasa sehat. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi dan bervariasi agar kebutuhan tubuh termasuk kulit terpenuhi.  

Perbanyak buah dan sayuran. Kandungan antioksidan yang cukup banyak dalam buah dan sayur dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas –penyebab penuaan dini.

  1. Tidur yang cukup

Tidur memberikan waktu bagi tubuh untuk memperbarui segala sesuatu yang ada di dalamnya. Semakin sering diperbarui, semakin lambat proses penuaan. Jadi, berikan waktu bagi tubuh untuk bekerja lebih optimal dengan mencukupi kebutuhan tidur sehari-hari.

  1. Rajin berolahraga

Berbagai studi mengungkapkan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan daya tahan tubuh. Hasilnya? Tentu saja kulit tampak sehat bercahaya dan terlihat lebih muda.

Jadi, tunggu apa lagi. Yuk, lakukan perawatan kulit di atas, agar penuaan dini tidak menghampiri dan mengancam diri Anda.

(NB/RH)

Baca Juga: