Cegah Anemia dengan Konsumsi Makanan Ini

Oleh dr. Irma Rismayanty pada 23 Des 2016, 17:00 WIB
Jika Anda tidak ingin menjadi target anemia berikutnya, yang harus dilakukan adalah makan. Mudah, bukan? Tapi makanan seperti apa?
Cegah Anemia dengan Konsumsi Makanan Ini

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang tidak jarang ditemui pada kehidupan sehari-hari. Pasalnya, penyakit ini dapat menyerang segala usia, dari anak-anak hingga mereka yang sudah tua.

Anemia adalah nama lain dari kurangnya sel darah merah akibat terganggunya pembentukan hemoglobin (Hb). Banyak kondisi yang melatarbelakangi penyakit ini. Namun yang paling sering adalah anemia defisiensi (kekurangan) besi.

Pada kasus anemia jenis ini, biasanya pasien tidak dapat mencukupi kebutuan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Angka kejadiannya pada anak balita di Indonesia adalah sekitar 40-45%.

Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2001 menunjukkan prevalensi anemia defisiensi besi pada bayi 0-6 bulan, bayi 6-12 bulan, dan balita sebesar 61,3%, 64,8% dan 48,1%. Tak hanya sampai di situ, kejadian anemia defisiensi besi juga cukup banyak dijumpai pada dewasa muda, dan ibu hamil.

Anemia umumnya bergejala lemah, letih, lesu, lunglai, sulit berkonsentrasi, dan selalu mengantuk. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya hemoglobin, yang akan menyebabkan sel dalam tubuh kekurangan oksigen. Jika tidak segera ditangani dengan baik, kondisi ini dapat menggangu kualitas hidup penderitanya.

Perlu diketahui, anemia defisiensi besi dilatarbelakangi oleh kurangnya asupan sat besi, asam folat, dan vitamin B12. Untuk mencegahnya, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah makan.

Berikut beberapa makanan yang dianjurkan:

  1. Makanan kaya zat besi

Zat besi bisa Anda temukan pada daging merah, daging unggas, seafood, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah yang dikeringkan. Sebagai pendamping makanan kaya zat besi, Anda disarankan untuk juga memilih makanan yang kaya akan sumber vitamin C.

Vitamin C diperlukan agar penyerapan zat besi dapat lebih optimal. Makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, brokoli, anggur, kiwi, melon, stroberi dan tomat.

  1. Makanan kaya asam folat

Selain zat besi dan vitamin C, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan asam folat tubuh, khususnya jika Anda sedang hamil. Nah, makanan mengandung asam folat yang bisa dijadikan pilihan adalah sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, produk susu, daging dan unggas, telur maupun seafood.

  1. Makanan kaya vitamin B12

Selain dua makanan jenis makanan di atas, Anda juga wajib mengonsumsi makanan kaya vitamin B12. Anda bisa menemukannya pada kerang, hati sapi, ikan makarel, kepiting, produk kedelai, daging merah, telur, dan keju.

Agar terhindar dari anemia sama sekali, selain makanan di atas, pastikan Anda juga menerapkan pola hidup sehat. Jangan lupa olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup.

(NB/RH)

Baca Juga: