Bahaya Anemia yang Sering Disepelekan

Oleh dr. Irma Rismayanty pada 23 Des 2016, 17:15 WIB
Jangan sepelekan anemia, karena penyakit ini sering kali berujung pada hal yang tidak diduga-duga!
Bahaya Anemia yang Sering Disepelekan

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang sangat sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, penyakit ini menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga mereka yang sudah tua.

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang dilatarbelakangi oleh berbagai macam penyebab. Beberapa di antaranya adalah kehilangan darah akut, berkurangnya produksi sel darah merah, atau adanya penghancuran sel darah merah sebelum waktunya.

Untuk memastikannya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes penunjang. Tujuan dari dilakukannya pemeriksaan ini adalah mencari penyebabnya, karena anemia hanya dapat diobati berdasarkan hal tersebut.

Lemah, letih, lesu, sakit kepala dan wajah pucat yang tidak jelas penyebabnya adalah beberapa gejala anemia. Meskipun tampak sepele, namun ketahuilah bahwa anemia dapat memberikan dampak yang serius pada penderitanya.

Jika Anda mengalami kondisi di atas, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Pasalnya, anemia yang diketahui sedari dini dan ditangani dengan tepat akan membuat kualitas hidup Anda menjadi jauh lebih baik.

Jika anemia tidak diobati dengan segera, maka penyakit ini akan menyebabkan timbulnya komplikasi yang jauh lebih berbahaya lagi. Beberapa komplikasi yang dapat ditimbulkan anemia, yakni:

  • Kelelahan kronik

Jika tidak segera ditangani, maka penderita anemia akan merasakan kelelahan yang sangat berat. Jika ini terjadi, bukan tidak mungkin penderitanya tidak bisa lagi beraktivitas seperti biasanya.

  • Komplikasi kehamilan

Bila anemia menyerang mereka yang sedang hamil, maka penyakit ini dapat menyebabkan anak lahir lebih cepat (prematur).

  • Masalah jantung

Anemia dapat menyebabkan irama jantung menjadi tidak beraturan akibat kurangnya darah yang ada di dalam tubuh. Jika ini dibiarkan berlarut-larut, jantung penderita akan membesar dan meningkatkan risiko gagal jantung.

  • Kematian

Sickle cell anemia (anemia kelianan darah), serta anemia jenis lainnya dapat menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa jika tidak diobati dengan cepat dan tepat.

Mulai dari kelelahan hingga kematian, itulah dampak bahaya yang dapat ditimbulkan anemia pada penderitanya. Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan pengobatan sebelum terlambat.

(NB/RH)

Baca Juga: