Menangani Cedera Lutut Saat Olahraga

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 26 Des 2016, 15:00 WIB
Salah satu jenis cedera olahraga yang sering terjadi adalah cedera lutut. Lantas, apa yang harus dilakukan jika mengalaminya?
Menangani Cedera Lutut Saat Olahraga

Saat masih muda, Pak Suryadi sangat suka bermain bola. Setelah lama tak melakukan olahraga favoritnya itu, Pak Suryadi akhirnya tertarik untuk memenuhi ajakan rekan-rekan kantornya untuk bermain futsal setelah pulang kantor.

Sayangnya, Pak Suryadi berkali-kali terjatuh karena kurangnya pemanasan. Bahkan ia mengalami cedera lutut. Setelah sempat memaksakan diri untuk terus bermain, ia pun akhirnya menyerah. Serangan rasa nyeri itu benar-benar membuatnya tidak sanggup lagi melanjutkan permainan.

Anda pernah mengalami situasi seperti yang terjadi pada Pak Suryadi? Jangan sepelekan. Ya, olahraga memang bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Namun, , terkadang olahraga dapat menimbulkan cedera. Cedera ini bisa terjadi di mana saja, terutama pada tulang, sendi, otot, dan ligamen.

Salah satu jenis cedera olahraga yang sering terjadi adalah cedera lutut. Lantas, apa yang harus Anda lakukan jika mengalaminya? Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama cedera lutut:

  1. Rest (Beristirahat)

Jangan memaksakan diri untuk terus berolahraga saat mengalami cedera lutut. Segera berhenti berolahraga dan beristirahatlah. Minimalkan pergerakan sendi lutut yang mengalami cedera untuk mencegah cedera lebih lanjut.

  1. Ice (Kompres Dingin)

Lakukan kompres dingin dengan es atau ice pack. Es bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan mencegah pembengkakan. Jika Anda menggunakan es, balut es terlebih dahulu dengan kain sebelum meletakkannya di daerah lutut yang cedera.

Biarkan selama 10-15 menit, lalu angkat es dan beri jeda 10-15 menit sebelum mengulang pemberian kompres kembali. Kompres dapat diulang selama beberapa kali.

  1. Compression (Tekan)

Saat mengompres dengan es, akan lebih optimal jika Anda melakukannya sembari memberikan penekanan. Hal ini untuk mencegah pembengkakan daerah lutut yang mengalami cedera.

Penekanan dapat Anda lakukan dengan perban elastis. Selain untuk mencegah pembengkakan, penekanan ini juga dapat mengurangi pergerakan lutut sehingga dapat mencegah cedera lebih lanjut.

  1. Elevation (Elevasi)

Terakhir, dalam posisi berbaring atau duduk, lakukan elevasi (pengangkatan) lutut yang mengalami cedera untuk mencegah pembengkakan. Lakukanlah selama perjalanan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Nah, keempat langkah di atas dapat disingkat menjadi RICE (Rest, Ice, Compress, Elevation) agar Anda lebih mudah mengingatnya. Langkah RICE ini dapat Anda terapkan baik untuk cedera lutut maupun untuk cedera olahraga lainnya yang melibatkan cedera tulang, sendi, otot, dan ligamen

Jika Anda merasakan nyeri yang hebat, meminum obat penghilang nyeri juga dapat membantu. Kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

[RS/RH]

Baca Juga:

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter