3 Cara Mengatasi Nyeri Haid

Oleh dr. Karunia Ramadhan pada 28 Des 2016, 15:30 WIB
Apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri haid? Baca selengkapnya di sini.
3 Cara Mengatasi Nyeri Haid

Sering mengalami nyeri haid? Nyeri haid memang sangat mengganggu, apalagi jika Anda sedang bekerja. Rasanya mood langsung turun jika nyeri haid muncul.

Nyeri haid diakibatkan oleh hormon prostaglandin yang dikeluarkan oleh otot-otot dinding rahim. Prostaglandin menstimulasi otot rahim untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat, dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri. Hal inilah yang menimbulkan rasa nyeri dan kram di perut.

Berikut beberapa cara untuk mengurangi nyeri haid:

  • Mengonsumsi obat antinyeri

Pilihlah obat antinyeri yang memiliki kandungan parasetamol untuk mengurangi nyeri haid.

  • Rutin berolahraga

Berolahraga secara teratur terbukti dapat mengurangi nyeri haid. Karena dengan berolahraga, peredaran darah akan semakin lancar dan tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit.

  • Kompres hangat

Kompres bagian bawah perut dan pinggang dengan air hangat yang diisi di dalam botol. Saat dikompres, otot-otot rahim yang berkontraksi menjadi rileks sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

Selain itu, jangan lupa istirahat yang cukup serta makan makanan yang bergizi seimbang. Jika nyeri tidak berkurang dan cenderung bertambah, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RS/RH]

Baca Juga: