Asupan Penting untuk Jaga Kesehatan Sendi

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 26 Jan 2017, 12:00 WIB
Dengan mengonsumsi asupan yang tepat, maka kesehatan sendi akan terjaga dengan baik.
Asupan Penting untuk Jaga Kesehatan Sendi

Sendi merupakan bagian vital dari sistem gerak tubuh manusia. Karena itu, Anda harus menjaga kesehatan sendi dengan mengonsumsi asupan yang tepat. Lantas, asupan seperti apa yang dimaksud?

Inilah asupan yang dapat membantu menjaga kesehatan sendi Anda:

  1. Buah dan Sayur

Makan sayur dan buah tidak akan membuat Anda gemuk. Justru asupan ini dapat meningkatkan antioksidan, yang turut berperan dalam melindungi kerusakan sel di dalam tubuh.

Beberapa pilihan buah dengan antioksidan yang tinggi adalah stroberi dan apel. Selain itu sayur-sayuran –seperti bawang merah– juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi radang dan nyeri sendi.

  1. Ikan laut

Siapa sangka, ternyata ikan laut memiliki manfaat tersendiri dalam mengurangi keluhan nyeri sendi. Bahkan, asupan jenis ini juga dapat mengurangi kekakuan sendi di pagi hari, lho.

Ini disebabkan karena ikan laut mengandung omega-3, yang turut berperan dalam mengurangi proses peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Ikan laut yang kaya omega-3 adalah salmon, sarden, tuna, herring dan lainnya.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat mengurangi peradangan, karena mengandung oleocanthal. Oleocanthal adalah zat yang memiliki reaksi hampir serupa dengan obat-obatan antiradang non-steroid.

Senyawa tersebut juga sering digunakan untuk mengurangi keluhan nyeri. Karena itu, Anda disarankan untuk mengganti minyak/mentega yang biasa digunakan dengan minyak zaitun.

  1. Vitamin C

Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C juga dapat membantu proses pembentukan kolagen dan jaringan ikat yang berperan dalam kesehatan sendi.

Agar kesehatan sendi benar-benar terjaga, selain mengonsumsi asupan di atas, Anda sebaiknya juga membatasi asupan kalori harian dengan mengurangi camilan tinggi gula.

Tindakan di atas akan lebih baik jika diikuti dengan olahraga secara rutin dan teratur, serta menerapkan gaya hidup sehat. Dengan demikian, bukan hanya kesehatan sendi yang terjaga, tetapi juga kesehatan jiwa dan raga Anda.

(NB/RH)

Baca Juga: