Suplemen untuk Jaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 26 Jan 2017, 12:00 WIB
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah dengan mengonsumsi suplemen. Suplemen seperti apa yang Anda butuhkan?
Suplemen untuk Jaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Kesehatan tulang dan sendi sangat penting untuk dijaga sedari dini. Tujuannya agar Anda terhindar dari keluhan radang sendi, ataupun keluhan berbahaya lainnya di saat usia tua.

Nyeri sendi adalah salah satu keluhan yang banyak dijumpai pada orang tua. Ini terjadi akibat tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi, yang tidak terjaga dengan baik sewaktu muda.

Karena itu, Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi sejak usia muda. Selain lewat makanan bergizi seimbang, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen.

Suplemen banyak beredar bebas di pasaran. Memastikan kandungannya menjadi suatu hal yang sangat penting bagi Anda.

Jika Anda hendak membeli suplemen untuk jaga kesehatan tulang dan sendi, pastikan suplemen tersebut memiliki kandungan:

  1. Glukosamin

Suplemen yang mengandung glukosamin dapat membantu memperlambat proses kerusakan kartilago (tulang rawan), mengurangi nyeri sendi dan memperbaiki gerakan sendi. Anda pun dapat menemukan glukosamin pada cangkang udang dan lobster.

  1. Kondroitin

Krondoitin berfungsi sebagai peredam getaran pada sendi-sendi penopang tubuh, seperti sendi lutut. Selain fungsi tersebut, kondroitin juga dapat menghalangi enzim yang dapat merusak tulang rawan sendi. Karena itu, suplemen yang mengandung kondroitin dapat menjaga kesehatan sendi Anda secara nyata.

  1. Kalsium

Pada dasarnya, kalsium sangat diperlukan oleh tubuh. Selain berfungsi membentuk tulang, suplemen kalsium juga bermanfaat untuk otot-otot, seperti otot jantung, untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kalsium yang tercukupi dapat membantu otot dan tulang Anda lebih sehat.

Suplemen untuk bantu jaga kesehatan tulang dan sendi bisa Anda terapkan dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Selain untuk mencegah efek samping tertentu, tindakan ini sekaligus memastikan dosis dan jenis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda.

(NB/RH)

Baca Juga: