Sendawa Terus Menerus? Bisa Jadi Mag Anda Kronis!

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 27 Jan 2017, 10:00 WIB
Pernahkah perut Anda terasa kembung dan membuat Anda sendawa terus menerus? Hati-hati, Anda bisa saja mengalami mag kronis!
Sendawa Terus Menerus? Bisa Jadi Mag Anda Kronis!

Sendawa, rasanya bukan sesuatu yang umum dicurigai sebagai gejala sebuah penyakit. Namun jika terjadi terus-menerus, tidak ada salahnya untuk waspada. Mungkin saja Anda mengalami mag kronis.

Sendawa adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan gas yang ada dalam saluran pencernaan. Gas yang dikeluarkan melalui sendawa, biasanya berarti gas tersebut masih berada di saluran pencernaan setengah ke atas –biasanya lambunglah yang paling umum.

Saat Anda makan makanan yang banyak mengandung gas –seperti kol, minuman bersoda, atau permen karet– gas akan lebih mudah terkumpul di perut dan membuat Anda bersendawa berkali-kali. Namun, jika Anda bersendawa terus-menerus meski tak mengonsumsi makanan yang mengandung gas, ada hal yang perlu Anda waspadai.

Berikut ini beberapa kondisi gangguan yang biasanya menyebabkan sendawa antara lain:

  • GERD
  • Gastritis (mag)
  • Tukak lambung
  • Intoleransi laktosa
  • Infeksi H. Pylori
  • Dan lain-lain

Tentu kondisi di atas tidak bisa langsung didiagnosa hanya dengan adanya gejala sendawa. Diperlukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis mendalam untuk menggali adanya keluhan dan tanda lainnya.

Nah, untuk itu jangan remehkan keluhan yang terkesan sepele seperti hal di atas. Sebab hal kecil seperti sendawa dapat membantu Anda menggali kondisi tubuh Anda dan gangguan yang sedang tubuh Anda alami.

(DA/ RH)

Baca Juga: