Stres, Penyebab Sakit Mag yang Tidak Disadari

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 27 Jan 2017, 12:00 WIB
Mendadak mengalami gejala mag tanpa diketahui penyebabnya? Jangan-jangan karena stres. Simak selengkapnya disini.
Stres, Penyebab Sakit Mag yang Tidak Disadari

Apakah Anda tertekan karena pekerjaan? Banyak pikiran? Awas! Selain bakteri, obat-obatan dan alkohol, stres juga dapat menyebabkan sakit mag. Bagaimana stres bisa memengaruhi lambung Anda?

Saat ini stres telah menjadi masalah kesehatan sosial yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Ada banyak penyebabnya, misalnya: tekanan pekerjaan, kematian orang terdekat, keadaan finansial, jam biologis yang bergeser, hingga polusi.

Salah satu proses yang mengalami gangguan saat Anda merasa stres, adalah produksi hormon kortisol. Fungsi utama hormon kortisol di tubuh adalah mempersiapkan tubuh untuk mencerna makanan.

Saat Anda merasa lapar, tubuh akan mulai memproduksi kortisol. Kortisol kemudian memberi sinyal pada hati untuk memproduksi dan menyimpan empedu, tujuannya untuk mencerna lemak yang terkandung dalam makanan.

Fungsi lain hormon kortisol adalah merespon stres dengan meningkatkan produksinya sehingga tubuh bisa bergerak lebih lincah dan efisien. Hormon kortisol akan memicu tubuh untuk merasa segar dan bersemangat agar bisa beraktivitas dengan maksimal. Mekanisme ini akan memburuk jika Anda sedang merasa kelelahan atau berada pada mood yang buruk.

Saat peningkatan hormon kortisol berlangsung mulus, Anda hanya akan merasakan tubuh tetap mampu bekerja normal walaupun sedang stres. Padahal, dalam sistem pencernaan produksi kortisol yang meningkat berarti produksi empedu yang juga berlebih.

Empedu yang berlebih ini akan ditampung semampunya oleh kantung empedu, dan sisanya akan dikeluarkan ke usus halus. Masalahnya, empedu berlebih yang berada di usus halus ini dapat naik kembali ke lambung. Proses inilah yang menyebabkan sensasi panas di ulu hati, dan gejala mag lainnya.

Mag memang tidak hanya diakibatkan oleh stres. Namun stres merupakan salah satu penyebab mag tersering yang tidak disadari oleh banyak penderitanya. Menghindari stres benar-benar terbukti secara ilmiah dapat membuat tubuh lebih sehat –dan tentu saja menghindarkan Anda dari serangan mag.

Jauhi mag dengan menghindari stres. Beristirahatlah yang cukup di sela sela kesibukan dan rutinitas Anda. Pergilah berekreasi bersama keluarga atau teman, atau lakukanlah hobi yang menyenangkan sebagai selingan. Pikiran segar, tubuh pun sehat.

[RH]

Baca Juga: