Menurunkan Berat Badan Dapat Atasi Nyeri Lutut?

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 27 Jan 2017, 11:15 WIB
Menurunkan berat badan konon dapat membantu mengatasi nyeri lutut. Bagaimana bisa? Cari tahu di sini.
Menurunkan Berat Badan Dapat Atasi Nyeri Lutut?

Berat badan berlebih memang menjadi pokok dari beberapa masalah terkait kesehatan. Bahkan kondisi ini juga sering dikaitkan dengan kejadian nyeri lutut.

Tidak dapat dimungkiri bahwa berat badan berlebih memang berhubungan erat dengan beberapa penyakit. Salah satunya adalah osteoartritis atau nyeri sendi. Apa hubungannya?

Berat badan berlebih membuat sendi-sendi pada tubuh –khususnya lutut– mengalami peningkatan tekanan. Nah, peningkatan tekanan ini berdampak pada rusaknya kartilago (jaringan dalam tubuh yang melindungi sendi), sehingga menyebabkan peradangan pada sendi.

Karena itu, menurunkan berat badan ke berat badan ideal adalah salah satu solusi untuk mengurangi keluhan nyeri lutut. Ini karena menurunkan berat badan, berarti mengurangi tekanan dan beban pada lutut.

Setiap penurunan berat badan sebesar ½ kilogram, maka beban lutut juga akan berkurang sebanyak 1,5 kilogram. Bayangkan jika Anda mampu mengurangi berat badan lebih banyak, tentu beban lutut akan semakin berkurang. Sehingga, tekanan berlebihan terhadap lutut yang memicu timbulnya peradangan tidak akan terjadi.

Tak hanya yang sudah disebutkan di atas. Menurunkan berat badan dan mempertahankannya dalam kondisi ideal juga membuat Anda terhindar dari risiko penyakit jantung, diabetes, darah tinggi dan penyakit berbahaya lainnya.

Pilihan terapi untuk mengatasi nyeri lutut memang beragam. Namun dengan menurunkan berat badan, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan yang lebih luas.

Jika Anda ingin merasakan manfaat yang pasti dari tindakan menurunkan berat badan, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter. Dengan demikian, usaha yang Anda lakukan tersebut tidak mendatangkan masalah kesehatan baru bagi diri Anda.

(DA/RH)

Baca Juga: