Kebiasaan yang Bikin Kuman Mudah Menyebar

Oleh dr. Jessica Florencia pada 31 Jan 2017, 00:00 WIB
Secara tidak disadari, ternyata kebiasaan ini bisa bikin kuman mudah menyebar. Cari tahu selengkapnya di sini.
Kebiasaan yang Bikin Kuman Mudah Menyebar

Penyakit infeksi memang bisa bikin keki. Penyebabnya apa lagi kalau bukan kuman. Mikroorganisme yang satu ini kerap menyebar tanpa disadari, bahkan lewat kebiasaan sehari-hari.

Dalam beraktivitas, ada kebiasaan-kebiasaan yang harus Anda waspadai. Sebab kebiasaan tertentu bisa menyebabkan kuman mudah menyebar. Akibatnya dapat berbagai masalah kesehatan –seperti infeksi mata, infeksi saluran napas, dan infeksi saluran pencernaan.

Beberapa perilaku yang berisiko tinggi menyebabkan kuman mudah menyebar, antara lain:

  1. Lupa Mencuci Tangan

Lupa mencuci tangan adalah kebiasaan yang paling berisiko tinggi menyebabkan kuman mudah menyebar. Pasalnya, tangan adalah bagian tubuh yang pasti bersentuhan dengan berbagai benda.

Organ tubuh yang satu ini dapat memindahkan kuman dari satu media ke media lain dengan mudah. Apalagi tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan mulut. Tangan tak ubahnya seperti gerbang penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

Jalan keluarnya tentu saja, menerapkan kebiasaan mencuci tangan. Khususnya sebelum makan, setelah dari kamar mandi, dan setelah beraktivitas. Dengan demikianpenyebaran kuman akan terhambat, dan Anda terhindar dari risko penyakit berbahaya.

  1. Kebiasaan yang Salah

Kebiasaan batuk atau bersin yang salah dapat menyebabkan kuman mudah menyebar. Bagaimana tidak, batuk/bersin dengan menutup mulut menggunakan tangan saja bisa menyebabkan kuman berpindah ke tangan. Apalagi jika tidak ditutup?

Ketika batuk/bersin, Anda lebih baik menutup hidung dan mulut dengan tisu. Setelah selesai, buang pada tempatnya. Namun, jika terpaksa harus menutupnya menggunakan tangan, Anda wajib mencuci tangan dengan baik dan benar setelahnya.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Diri

Malas mandi, tidak rajin membersihkan kaki, lupa membersihkan wajah adalah kebiasaan yang bisa bikin kuman mudah menyebar. Jika Anda tidak ingin berpartisipasi dalam proses penyebaran kuman, yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan diri dengan lebih teliti.

Kebiasaan mana yang secara tidak sadar masih Anda lakukan? Yuk, tinggalkan agar kuman tidak mudah menyebar. Hidup bersih, hidup sehat!

(NB/ RH)

Baca Juga: