3 Tempat Persembunyian Kuman di Rumah Anda

Oleh dr. Jessica Florencia pada 01 Feb 2017, 16:10 WIB
Tahukah Anda, tiga tempat yang ada di rumah berikut ini sering dijadikan kuman untuk tinggal dan berkembang biak?
3  Tempat Persembunyian Kuman di Rumah Anda

“Rumahku, istanaku”. Tidak ada tempat yang lebih nyaman ketimbang rumah sendiri. Namun, apakah rumah Anda merupakan tempat yang aman dan bebas dari kuman berbahaya?

Tempat persembunyian kuman yang paling ideal di rumah Anda memiliki dua ciri khusus, yaitu lembap dan berdebu. Ini karena bakteri, virus, dan jamur senang hidup dan berkembang biak di tempat yang lembap dan berdebu.

Beberapa tempat persembunyian kuman yang perlu Anda waspadai adalah:

  1. Dapur

Dapur menjadi tempat persembunyian kuman yang ideal. Penyebabnya adalah karena area ini kerap lembap dan digunakan untuk memproses serta menyimpan bahan makanan.

  1. Kamar Mandi

Selain lembap, kamar mandi juga merupakan tempat pembersihan dan pembuangan sehari-hari.

  1. Kamar tidur

Kamar tidur kerap menjadi pusat aktivitas di rumah. Gawai dan benda elektronik lainnya sering dibawa keluar masuk kamar tidur. Selain itu, penggunaan pendingin udara atau kipas angin juga menyebabkan kondisi kamar tidur menjadi lembap dan ideal sebagai tempat persembunyian kuman.

Selain tiga tempat di atas, area-area dalam rumah yang sistem sirkulasi udaranya tidak baik atau terdapat kebocoran juga harus Anda waspadai. Ingat, kuman senang hidup dan berkembang biak di tempat-tempat lembap dan berdebu.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memastikan kebersihan tempat persembunyian kuman di atas. Di samping itu, Anda juga dituntut untuk mencuci tangan setelah beraktivitas di tempat-tempat tersebut.

Mencuci tangan tidak bisa dianggap sepele. Karena kegiatan ini dapat mengurangi risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh kuman yang tidak kasat oleh mata.

Biasakan seluruh anggota keluarga untuk mencuci tangan dengan baik dan benar, setelah beraktivitas di tempat persembunyian kuman agar terhindar dari penyakit berbahaya. Salam sehat!

(NB/ RH)

Baca Juga: