Kapan Sebaiknya Rumah Dibersihkan?

Oleh Klikdokter pada 04 Feb 2017, 08:24 WIB
Ternyata, ada saat-saat khusus di mana rumah harus dibersihkan secara teliti. Simak selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Ada masa khusus di mana rumah perlu mendapatkan perhatian lebih. Ini berkaitan dengan masuknya kuman penyakit dari luar rumah. Rumah, sebagai tempat keluarga menghabiskan sebagian besar waktu dalam sehari, sebaiknya dijaga kebersihan dan higienitasnya.

Namun, kapan sebaiknya rumah perlu dibersihkan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Saat ada anggota keluarga yang sakit

Saat ada anggota keluarga yang sakit, seperti batuk maupun pilek, kuman atau virus penyebab penyakit akan tersebar ke seluruh rumah. Jika rumah tidak dibersihkan, anggota keluarga lain akan mudah tertular penyakit. Saat membersihkannya, perhatikan bagian-bagian yang dipegang orang banyak –seperti gagang pintu, pegangan tangga dan remote tv.

2. Periode awal pertumbuhan balita

Balita, terutama pada awal masa pertumbuhannya, memiliki kecenderungan memasukkan berbagai macam benda ke dalam mulutnya. Jika kebersihan rumah tidak dijaga, kuman akan mudah hinggap di benda dan masuk ke dalam tubuh anak. Akibatnya, bisa timbul gangguan pencernaan –seperti muntah ataupun diare.

3. Di saat musim hujan

Saat musim hujan, serangga –terutama nyamuk penyebab demam berdarah, akan berkembang biak dengan baik. Anggota keluarga pun dapat membawa kuman penyakit dari luar rumah, misalnya melalui sepatu kotor yang terkena lumpur.

4. Saat ada binatang masuk ke dalam rumah

Binatang, baik peliharaan maupun liar, merupakan salah satu sumber kuman. Ini karena binatang sering ‘berkelana’ di luar rumah, sehingga dapat terpapar oleh kuman dari mana saja.

5. Saat pesta atau jamuan besar di rumah

Saat diadakan pesta di rumah, artinya banyak sekali orang dengan latar belakang berbeda yang datang. Anda tidak mungkin tahu apakah tamu sedang sehat atau sakit saat berkunjung ke rumah.

Nah, sekarang Anda tahu kapan masa-masa dimana rumah perlu dibersihkan secara khusus. Jangan lupa, agar keluarga Anda selalu terlindungi dari ancaman kuman, gunakan cairan disinfektan saat membersihkan rumah. Salam sehat!

(NB/ RH)