Benarkah Sepatu Hak Tinggi Picu Pengeroposan Tulang?

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 09 Feb 2017, 10:31 WIB
Sepatu hak tinggi atau high heels dituding sebagian orang memiliki dampak negati. Benarkah pengeroposan tulang salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit wanita yang hobi –bahkan memuja sepatu hak tinggi atau istilah kerennya high heels. Salah satu yang sering dijadikan alasan adalah faktor penampilan.

Pasalnya, sepatu hak tinggi membuat penggunanya tampak lebih feminin dan tinggi. Bagi sebagian wanita, hal tersebut bisa mendongkrak rasa percaya diri.

Namun di balik itu semua, sepatu hak tinggi ternyata dapat memberi dampak buruk bagi penggunanya. Apa saja dampak buruk tersebut?

Plantar fasciitis

Penggunaan sepatu hak tinggi yang dilakukan secara berulang-ulang akan menyebabkan otot dan tulang di sekitar telapak kaki kelebihan beban. Dalam jangka panjang, kejadian tersebut menyebabkan iritasi serta peradangan pada otot, tulang, dan jaringan di sekitarnya.

Faktanya, jaringan otot di telapak kaki tersebut berhubungan dengan otot-otot lain. Misalnya otot pada betis yang kemudian berhubungan dengan sekitar panggul dan tulang belakang.

Itulah sebabnya, wanita yang sering menggunakan sepatu hak tinggi juga kerap mengeluhkan nyeri tulang belakang. Tak hanya itu, perubahan postur tulang belakang saat mengenakan high heels juga turut menambah parah nyeri tulang belakang.

Bunions

Sandal atau sepatu hak tinggi cenderung memiliki bagian ujung penutup jari yang meruncing, mirip segitiga. Menggunakannya berulang-ulang dapat menyebabkan bentuk jari-jari berubah, mengikuti pola penutup pada alas kaki tersebut.

Akibatnya, jari jempol kaki akan menekuk ke arah tengah dan membentuk tonjolan di bagian pangkalnya. Bagian tonjolan ini dinamakan bunions.

Jika bunions makin membesar, bagian ini dapat terisi cairan atau tulang. Bila perubahan bentuk ini melibatkan jari-jari lain, maka keseimbangan dan kekuatan tulang pada telapak kaki akan ikut terganggu.

Lalu bagaimana dengan pengeroposan tulang? Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hubungan antara penggunaan sepatu hak tinggi dengan masalah pengeroposan tulang.

Meski demikian, bukan berarti Anda terbebas dari risiko fraktur akibat plantar faciitis atau bunions akibat penggunaan sepatu hak tinggi. Jadi, masih berpikir pakai sepatu hak tinggi ke kantor?

(NB/ RH)